Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Napi dan Tahanan Lapas Lhoksukon Bebas HIV-AIDS

Napi dan Tahanan Lapas Lhoksukon Bebas HIV-AIDS

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Narapidana dan tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lhoksukon, Aceh Utara menjalani tes HIV-AIDS, Selasa (24/11/2020) pagi, oleh tim dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat.

Kepala Lapas IIB Lhoksukon Yusnaidi menerangkan warga binaan yang mengikuti  tes penyakit menular itu berjumlah 100 orang, 16 diantaranya warga binaan wanita.  Kemudian tes juga dilakukan terhadap petugas dan pegawai.

“100 Napi, tahanan dan pegawai mengikuti tes kesehatan  termasuk uji HIV-AIDS dan penyakit menular lainnya, seperti sifilis dan hepatitis, alhamdulillah semuanya negatif,” terang Kalapas.

Menurutnya uji kesehatan itu dilakukan terhadap warga binaan secara  random (acak). Cara itu dinilai jitu untuk mendeteksi ada tidaknya penderita.

Tes kesehatan lanjut Yusnaidi untuk mendeteksi bila ada warga binaanya menjadi penderita. Sekaligus sebagai langkah antisipasi penyebaran HIV-AIDS di lingkungan Lapas.

Pihaknya akan terus memantau dan memastikan Lapas tersebut bebas dari penyakit menular, dengan cara melakukan tes kesehatan secara berjangka.

“Karena sekarang masih Pandemi, pemeriksaan menerapkan Prokes Covid-19, sesama Napi dan tahanan kita beri jarak , juga wajib bermasker,” pungkasnya.

Komentar

Loading...