Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

MPU Aceh Selatan Keluarkan Keputusan Tolak Ajaran MPTT  

MPU Aceh Selatan Keluarkan Keputusan Tolak Ajaran MPTT  

TAPAK TUAN, ANTEROACEH.com - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Selatan mengeluarkan rekomendasi menolak ajaran Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf ( MPTT). 

Ketua komisi Fatwa MPU Aceh Selatan, Tgk. Muhibbutthibry mengatakan keputusan tersebut diambil berdasarkan kesepakatan anggota maupun unsur pimpinan dalam rapat paripurna khusus yang digelar di Kantor MPU setempat, Senin (28/ 9/ 2020).

"Pertama surat edaran dari Plt. Gubernur kemarin terkait ajaran sesat yang ada di Aceh, kemudian kedua ada tausyiah MPU 2017 tentang pengkajian kitab-kitab mu'tabarah yang tidak boleh dikaji ataupun disampaikan," ucap Tgk. Muhibbutthibry saat dihubungi anteroaceh.com via selular.

Terlebih lagi sambungnya, berdasarkan realitas di lapangan, pengajian-pengajian yang dilakukan oleh MPTT tersebut banyak sekali yang sudah mengkultuskan individu serta mendiskreditkan ulama Aceh terdahulu.

"Kalau bahasa kasarnya kita bilang merekalah orang yang bertauhid tasawuf sementara ulama yang non dari MPTT tersebut bukan daripada orang-orang yang mengamalkan agama sepenuhnya," tambahnya.

Oleh sebab itu, ia merekomendasi kepada Pemkab dan Forkopimda Aceh Selatan agar tidak memberikan ijin untuk segala macam kegiatan berkaitan dengan MPTT sebelum fatwa tentang ajaran tersebut dikeluarkan oleh MPU Aceh. 

Jikapun nantinya masih bersikeras untuk melakukan kegiatan maka pihaknya berhak memberikan teguran bahkan membubarkan sesuai dengan aturan yang berlaku. Ia meminta agar pihak bersangkutan dapat menahan diri sampai fatwa MPU Aceh dikeluarkan untuk menghindari keresahan dan kericuhan ditengan masyarakat Aceh Selatan.

"Alhamdulillah, Dengan keluarnya keputusan MPU Aceh Selatan, insya allah akan mengakhiri keresahan dikalangan ummat yg sering berujung kepada hal-hal yang tidak diinginkan berkenaan dengan MPTT. Tugas ummat sekarang ialah mengawal keputusan tersebut dan segera melporkan kepada pihak berwajib jika menemukan gerakan-gerakan yang melanggar keputusan tersebut sampai adanya keputusan dari MPU Aceh," tambahnya.

Komentar

Loading...