Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Mochammad Afifuddin Buka Expo Panwaslih Aceh

Mochammad Afifuddin Buka Expo Panwaslih Aceh

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com – Anggota Bawaslu RI Mochammad Hafifuddin membuka expo Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh, Minggu (8/12/2019) malam yang digelar di lapangan Tugu Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Kegiatan yang diikuti oleh 23 Panwaslih Kabupaten/Kota itu akan berlangsung hingga 10 Desember 2019 mendatang. Setelah melakukan seremonial pembukaan Mochammad Hafifuddin mengunjugi seluruh stand yang ada di area kegiatan.

Dalam sambutannya, Komisioner Panwaslih Aceh, Nyak Arief Fadillah mengatakan, pelaksanaan pesta demokrasi atau Pemilu tahun 2019 telah selesai dilaksanaan, bahkan anggota dewan yang telah terpilih telah dilantik dan diambil sumpah serta sedang melaksanakan tugasnya.

“Dengan berakhirnya Pemilu bukan berarti tugas dan kewajiban Bawaslu berhenti atau selesai sampai disitu. Masih ada kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Bawaslu dalam menjalankan tugasnya,” ujar Nyak Arief.

Maka oleh karena itu melalui expo Panwasli ini, kata Nyak Arief hasil-hasil pengawasan Pemilu dapat disampaikan kepada masyarakat dengan tujuan untuk memberitahukan bahwa Bawaslu telah melaksanakan tugasnya dan juga sebagai informasi kepada masyarakat bahwa dalam pelaksanaan Pemilu tersebut terdapat berbagai situasi kondisi yang dinamis.

“Selama melaksanakan tugas pengawasan, Bawaslu, dalam hal ini Panwaslih Provinsi Aceh juga telah melakukan kerjasama dengan para stakeholder termasuk dengan masyarakat untuk meningkatkan pengawasan pada saat Pemilu yang lalu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya hasil pengawasan yang telah dilaksanakan dan kerjasama dengan para stakeholder, maka hasil-hasil tersebut dapat dipamerkan kepada khalayak. Untuk kepentingan tersebut, maka diselenggarakan  kegiatan pameran yang bertujuan untuk mempertunjukkan hasil-hasil pengawasan secara sistematis pada suatu tempat tertentu untuk menarik perhatian, membangkitkan keinginan dan meyakinkan pengunjung sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

“Kegiatan pameran ini kita harapkan dapat menumbuhkan kesadaran publik untuk turut serta melakukan pengawasan pada Pemilu yang akan datang. Kegiatan ini juga kita gunakan sebagai upaya memberikan edukasi terkait dengan pengawasan partisipatif sekaligus sebagai sarana sosialisasi hasil pengawasan Pemilu yang dilakukan Panwaslih Provinsi dan seluruh Panwaslih Kabupaten/Kota kepada masyarakat luas dan juga dikemas dengan gelaran apresiasi seni budaya,” paparnya.

Kegiatan expo tersebut, sambung Nyak Arief, juga bertujuan sebagai sarana untuk mensosialisasikan tentang kelembagaan Panwaslih kepada seluruh masyarakat, menginformasikan kepada publik tentang pembelajaran baik dari kinerja pengawas pada Pemilu tahun 2019, serta membuka akses tata kelola pengetahuan Pemilu khususnya kepada masyarakat terhadap isu pengawasan Pemilu dan demokrasi.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita juga berharap pengetahuan dan kesadaran masyarakat terkait pengawasan pemilu dapat meningkat, dan juga masyarakat dapat melakukan pengawasan pada saat Pemilu berlangsung,” pungkasnya.

Komentar

Loading...