Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Microsoft Surface Go 2: Tablet Yang Menyenangkan Untuk Penggunaan Harian

Microsoft Surface Go 2: Tablet Yang Menyenangkan Untuk Penggunaan Harian

ANTEROACEH.com - Dengan daya tahan baterai yang lama, bezel tipis dan kinerja yang baik, Microsoft Surface Go 2 mengatasi kekurangan pendahulunya, tetapi jangan berharap banyak keajaiban dari tablet keluaran terbaru Microsoft ini. Upaya kedua Microsoft dengan Surface Go 2 cukup mengesankan, tablet hybrid terbaru ini menjadi lebih ramping, lebih cepat dan lebih tahan lama. Microsoft menemukan cara untuk memberikan tampilan yang lebih besar, bezel lebih ramping dan kinerja yang lebih baik tanpa menaikkan harga secara berlebihan.

Tablet mungkin bukanlah gadget dengan permintaan tinggi selama pandemi, tetapi Surface Go 2 membuat sesuatu yang menarik. Dengan layar tablet 10,5 inci yang terlihat sangat bagus untuk menonton konten, desain premium dan portabelnya terasa hebat ketika anda membawanya di sekitar rumah, dan kamera ganda menawarkan kualitas gambar dan video yang kuat untuk konferensi video, masa pakai baterai Surface Go 2 juga telah mekar, sehingga anda tidak harus tetap tertambat ke outlet pengisian ulang.  

Dengan hadirnya Surface Go 2, Microsoft membuat tablet yang pastinya mampu melawan iPad Air, dan membuat anda untuk mempertimbangkan kembali pengeluaran ekstra untuk Surface Pro 7.

Opsi harga dan konfigurasi Surface Go 2
Surface Go 2 tersedia mulai dengan harga yang sama dengan model sebelumnya. Model dasar Wi-Fi dilengkapi dengan CPU Intel Pentium Gold 4425Y, 4GB RAM dan 64GB penyimpanan eMMC. Anda dapat mengeluarkan dana ekstra untuk menggandakan RAM menjadi 8GB dan penyimpanan menjadi 128GB. 

Ada versi yang lebih tinggi yang hadir dengan CPU Intel Core m3-8100Y Generasi ke-8, RAM 8GB, dan SSD 128GB. Anda harus memilih model 4G LTE jika anda membutuhkan internet saat bepergian ke luar rumah. 

Harga-harga ini tidak termasuk keyboard Penutup Jenis opsional, yang harganya berkisar $ 99 untuk versi dasar atau sekitar $ 129 untuk edisi Signature. Dan anda harus mengeluarkan $ 99 lagi untuk stylus Surface Pen.

Desain Surface Go 2
Surface Go 2 terlihat identik dengan Surface Go selain dari beberapa pembaruan yang halus namun penting.  Microsoft mempertahankan dimensi fisik yang sama tetapi memperluas tampilan Surface Go 2 dari 10 inci menjadi 10,5 inci. Ini dicapai dengan memangkas bezel display, meskipun bingkai yang lebih sempit di sekitar layar masih cukup tebal menurut standar saat ini. 

Mengabaikan tampilan yang lebih besar dan bezel yang terpangkas, Surface Go 2 perluasan dari model sebelumnya. Memiliki sasis magnesium perak dengan sandaran di bagian belakang, yang memamerkan logo Microsoft yang menarik. Tombol fisik termasuk volume rocker dan tombol daya di tepi atas.

Desain sederhana Surface Go 2 tetap memiliki tampilan dan nuansa yang lebih premium daripada tablet atau laptop dengan harga yang sama. Bersamaan dengan kickstand bawaan, yang berputar 165 derajat, juga membuat Go 2 lebih fungsional daripada para pesaingnya. Dengan kickstand diperpanjang, tablet ini dapat disangga ke atas atau dikonversi menjadi laptop melalui keyboard Type Cover opsional.

Dengan mengintegrasikan kickstand, Microsoft memberi Go 2 fleksibilitas yang dimiliki tablet lain ketika terpasang pada penutup folio atau lampiran keyboard. Fitur ini bekerja sangat baik di atas meja, tetapi Go 2 tidak terlalu nyaman untuk digunakan di pangkuan anda karena tepi bawah kickstand yang bersentuhan dengan paha anda. 

Alhasilnya, tablet melentur dan tersentak saat anda mengetik di keyboard atau mengetuk layar. Sebagai perbandingan, iPad Pro terasa lebih stabil untuk penggunaan putaran karena Keyboard opsionalnya memiliki bagian bawah yang rata dan kaku.

Dengan ukuran 9,7 x 6,9 x 0,3 inci, tablet 1,2 pon ini memiliki ukuran dan berat yang sama dengan Surface Go (0,3 inci, 1,15 pound) dan hanya sedikit lebih berat daripada iPad Air (tebal 0,2 inci, 1 pound). 

Microsoft Surface Go 2 memiliki pilihan port yang sama dengan model sebelumnya. Di sisi kanan, ada input USB-C, port Surface Connect (untuk pengisian dan pemasangan) dan jack headphone. Microsoft juga menyembunyikan slot kartu microSD di bawah kickstand, dan versi LTE memiliki baki Nano-SIM di sisi kiri.

Di sinilah Surface Go 2 menjadi menarik. Microsoft memperluas tampilan Surface Go 2 menjadi 10,5 inci, naik dari 10 inci. Ini bukanlah upgrade yang besar, tetapi layar ekstra selalu diterima jika tidak ada dampak pada portabilitas atau harga.

Tampilan layar sentuh Surface Go 2 10,5 inci, 1920 x 1280 memiliki rasio aspek 3: 2, yang membuatnya bagus untuk melihat dokumen atau menggulir halaman web. Tapi jangan berhenti di situ. Warna-warna cerah dan detail tajam berarti anda akan menikmati acara TV favorit anda atau bahkan mengedit foto di tablet anggaran ini. Layar sentuh Surface Go 2 sangat responsif. Anda tidak akan memiliki masalah mengetuk ikon kecil atau menggunakan keyboard di layar untuk memasukkan URL. Anda juga dimungkinkan apabila ingin mengubah skala default ukuran ikon kecil pada layar 10,5 inci. 

Dari acuan colorimeter, layar Surface Go 2 mencakup 107% dari gamut warna sRGB, menjadikannya kurang berwarna daripada layar di iPad Air (132%) dan Surface Go (129%) tetapi lebih jelas daripada rata-rata kategori (92) %). Layar Go 2 menjadi sangat cerah, mencapai pencahayaan rata-rata 408 nits. Ini jauh lebih terang dari tampilan rata-rata (293 nits), tetapi sekali lagi, iPad Air memenangkan babak ini dengan mencapai 425 nits. 

Keyboard Surface Go 2 Type Cover
Microsoft membuat beberapa keyboard terbaik yang bisa dilepas tetapi Type Cover untuk Surface Go 2 masih terasa sempit. Keyboard berukuran 9,4 inci dari tombol ke tombol dibandingkan dengan 10,8 inci pada keyboard Surface Pro 7. Dengan demikian, tombol-tombolnya serasa sempit, membuatnya lebih sulit untuk diketik. Jika anda memiliki tangan yang besar, tombol sempit Go 2 bisa menjadi rumit. Anda harus ekstra hati-hati untuk menghindari kesalahan ketik, dan bahkan kemudian, jari yang besar kadang-kadang mengetuk dua tombol pada saat bersamaan. 

Jika tombol yang lebih kecil, dengan jarak yang rapat tidak menjadi masalah bagi anda, maka Type Cover akan memberikan pengalaman mengetik yang sangat baik. Seperti Type Cover untuk Surface Pro 7, tombol pada keyboard Go 2 terasa nyaman. Membuat jari-jari melenting dengan mudah dari satu huruf ke huruf berikutnya saat pengetikan.

Jika anda ingin menggunakan Surface Go 2 sebagai perangkat kerja, sangat disarankan untuk membeli keyboard. Di bawah tombol Type Cover adalah touchpad responsif. Permukaan kaca yang halus agak kecil (3,8 x 2,2 inci), disini sangat mudah untuk menavigasi web, seperti pinch-to-zoom dan scrolling dua jari.

Surface Go 2 Pen 
Jika anda seorang seniman yang membeli tablet untuk membuat gambar digital atau siswa yang lebih suka membuat catatan dengan tangan, maka pertimbangkan untuk mengeluarkan dana sebesar $ 99 lagi untuk membeli Surface Pen. Anda dapat menggunakan pena untuk membubuhi keterangan atau menandatangani dokumen, membuat sketsa gambar dalam Paint 3D, atau mencatat beberapa catatan di kelas atau selama meeting.

Pena ini memiliki 4.096 titik tekanan, menjadikannya salah satu pena paling sensitif. Juga mendukung kemiringan dan memiliki tombol dan penghapus ekor yang dapat disesuaikan. 

Audio Surface Go 2 
Dual speaker pada Surface Go 2 terletak di sisi kiri atas dan kanan layar. Terdengar cukup keras tanpa distorsi dengan volume 100%. Kualitas suaranya cukup bagus. Vokal terdengar renyah, ada banyak detail di midrange dan treble yang tidak berlebihan.

Performa Surface Go 2
Kinerja Surface Go 2 adalah campuran. Dilengkapi dengan CPU Intel Core m3-8100Y dan 8GB RAM, Surface Go 2 baik-baik saja untuk tugas sehari-hari tetapi akan lelet di bawah beban kerja yang berat. Beberapa penundaan kecil saat memuat dua lusin tab di peramban Microsoft Edge yang baru. Beberapa halaman terakhir membutuhkan waktu lebih lama untuk muncul, dan gambar serta foto memerlukan beberapa detik tambahan untuk ditampilkan. 

Meskipun kadang-kadang terjadi pelambatan, untuk sebuah siaran langsung acara virtual Microsoft Build 2020 sangat bagus tanpa mengalami lag atau buffering, bahkan dengan dua video YouTube 1080p lainnya dan sepasang aliran Twitch yang berjalan di latar belakang.

Ketika melakukan benchmark pada Surface Go 2, hasilnya tablet ini bekerja sangat baik pada tes kinerja Geekbench 4.1 secara keseluruhan, mendarat di angka 6.815 dibandingkan dengan basis Surface Go 3.735 (Intel Pentium Gold 4415Y). IPad Air (11.471, A12 Bionic) dan rata-rata kategori (12.882) mencetak skor jauh lebih tinggi pada tes ini. 

Kecepatan penyimpanan menjadi sedikit masalah disini. 128GB PCIe SSD di dalam Surface Go 2 membutuhkan 28 detik untuk menduplikasi 5GB file multimedia, yang setara dengan kecepatan transfer yang lamban sekitar 180,5 megabyte per detik. Kategori rata-rata memerlukan 293,2 MBps, seperti halnya laptop Acer Aspire 5 (248 MBps). 

Tes transcoding video terbukti cukup sulit untuk Go 2, yang membutuhkan 48 menit dan 14 detik untuk mengkonversi video 4K ke resolusi 1080p menggunakan aplikasi Handbrake. Sebagai perbandingan, Aspire 5 membutuhkan waktu 32 menit dan 53 detik saja.

Anda mungkin sebaiknya tidak mencoba memainkan game kualitas AAA di Surface Go 2 karena tablet ini bergantung pada grafis Intel UHD 615 yang lemah. Dirt 3 terhenti pada 16 frame per detik yang sangat sedikit sedangkan Sid Meier's Civilization VI: Gathering Storm tertinggal pada 5 fps yang jelas tidak dapat dimainkan. 

Baterai Surface Go 2 
Surface Go 2 berhasil di area di mana pendahulunya gagal dengan memberikan daya tahan baterai 11 jam dan 39 menit dalam sebuah pengujian (berselancar web terus menerus melalui Wi-Fi pada 150 nits).  Hasil yang fantastis itu jelas menghancurkan Surface Go sebelumnya.

Kamera Surface Go 2
Di bagian depan Surface Go 2 adalah kamera 5 megapiksel untuk mengambil foto narsis dan di bagian belakang sebesar 8MP. Kedua kamera merekam video hingga ukuran HD 1080p, sehingga anda akan mendapatkan gambar yang cukup tajam saat konferensi video. 

Foto selfie dengan kamera menghadap ke depan terlihat tajam dan penuh warna. Kamera memadukan rona merah muda di pipi dan warna gelap di bibir. Lensa sangat tajam sehingga anda bisa melihat pantulan cahaya di mata dan helai rambut. 

Kamera 8MP utama berjuang dalam kondisi pencahayaan yang sulit tetapi mengambil foto yang tajam dan akurat dalam kondisi yang cerah. Gambar di dalam ruangan memiliki warna yang mencolok, tetapi cahaya yang mengalir dari belakangnya menampilkan rona biru yang aneh. Ada juga sedikit noise visual. 

Salah satu fitur Surface Go 2 favorit adalah kamera IR, yang menggunakan pengenalan wajah untuk langsung terhubung dengan Windows Hello. Ini bukan fitur yang biasanya anda temukan di sebuah perangkat tablet, dan berfungsi dengan sempurna di seluruh pengujian. 

Surface Go 2 Windows 10 Home dalam S Mode 
Microsoft Surface Go 2 menjalankan Windows 10 Home dalam S Mode, yang berarti anda dibatasi hanya menggunakan aplikasi di Microsoft Store. Pembatasan itu seharusnya tidak menjadi masalah bagi anak-anak atau siapa pun yang tinggal di ekosistem Microsoft, tetapi kurangnya dukungan untuk Chrome, WhatsApp dan program pihak ketiga lainnya mungkin akan memaksa anda keluar dari S Mode beberapa jam setelah menyiapkan Go 2. Beralih dari Mode S ke standar Windows 10 Home dapat dilakukan secara mudah dengan beberapa klik, tetapi hal tersebut tidak dapat dibalik, begitu anda meninggalkan Mode S, semua fitur di mode sebelumnya hilang untuk selamanya.

Surface Go 2 berjalan pada versi Windows 10. Anda tidak akan menemukan aplikasi pihak ketiga yang tidak diundang, dan yang sudah terintegrasi di Windows 10, seperti Office, Edge dan Xbox Game Bar. Surface Go 2 juga hadir dengan garansi satu tahun. 

Kesimpulan Akhir
Surface Go 2 tidak berbeda secara mendasar dari Surface Go tetapi versi baru ini memperbaiki masalah utama yang dimiliki dengan tablet sebelumnya. Area peningkatan terbesar adalah masa pakai baterai, yang hampir dua kali lipat menjadi 11+ jam. Selain itu, Surface Go 2 menghadirkan tampilan yang lebih besar, bezel yang lebih kecil, dan kinerja yang lebih cepat dari model sebelumnya dengan harga awal yang sama. 

Ini adalah pilihan yang bagus jika anda menginginkan tablet Windows 10 untuk tugas-tugas dasar dan mengkonsumsi konten, tetapi anda tidak akan dapat menggunakan Surface Go 2 untuk bekerja karena kinerja standar dan keyboard yang sempit. Jika anda dapat menghemat anggaran, Surface Pro 7 memberikan anda CPU Intel Generasi 10, layar yang lebih besar dan keyboard yang lebih nyaman dengan mengorbankan masa pakai baterai pastinya. 

Dibandingkan dengan iPad Air, Surface Go 2 tidak begitu ramping atau cepat, tetapi harganya lebih murah dan memiliki keyboard yang lebih fungsional dengan touchpad. Sayang sekali keyboard membutuhkan biaya tambahan. Namun, Windows 10 adalah sistem operasi yang lebih baik dibandingkan iPad OS jika produktivitas menjadi perhatian utama anda. 

Membawa kita kepada sebuah pertanyaan yang perlu dipertimbangkan konsumen sebelum membeli Surface Go 2. Apakah masuk akal untuk membeli tablet pada saat pembatasan perjalanan yang ketat selama pandemi ini? Bagi redaksi kami, jawabannya adalah ya. Surface Go 2 terasa premium dan dengan sasis magnesium ringan membuatnya mudah dibawa dari tempat tidur ke kantor di pagi hari dan dari kantor ke sofa setelah bekerja serta juga memiliki tampilan yang cantik, kamera IR yang nyaman untuk login Windows Hello dan webcam yang fantastis. Karena alasan ini, Surface Go 2 adalah gadget yang berguna untuk digunakan di rumah anda, meskipun tidak akan mampu menggantikan laptop anda.

Komentar

Loading...