Merasakan Sejuknya Udara Gunong Sabil Destinasi Wisata Baru di Abdya

Merasakan Sejuknya Udara Gunong Sabil Destinasi Wisata Baru di Abdya

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Lokasi wisata merupakan salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk menghilangkan rasa penat setelah bergelut dengan rutinitas sehari-sehari.

Untuk melepas penat tak ada salahnya untuk refreshing ke tempat wisata untuk sekedar melepas lelah atau meningkatkan imun bahagia dalam tubuh.

Nah bagi anda yang suka lokasi wisata gunung dengan pemandangan rimbun pohon ditambah sejuknya udara, kami rekomendasikan puncak gunung Sabil yang terletak di Gampong Meurandeh, Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya (Abdya). Tempatnya asri dengan pemandangan sangat indak, pantas dicoba. 

Di lokasi wisata yang baru dibuka ini selain udara yang sejuk, pengunjung juga akan melihat dengan jelas luasnya hamparan laut serta indahnya penampakan sunset menjelang matahari terbenam.

Lokasi wisata baru ini berjaran sekitar 20 kilometer dari Kota Blangpidie atau 15 menit perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Menariknya lagi, pegunjung tidak harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk tiba ke lokasi karena akses jalan membuat kendaraan sudah bisa langsung parkir di lokasi wisata. 

Saat tiba di lokasi wisata kita disuguhkan hamparan pengunungan seluas 9 hektar. Oh iya disana juga sudah memiliki lampu penerangan untuk menambah keindahan pemandangan. Jika anda malam hari kesana makan penampakan lampu kelap-kelip akan menambah keindahan lokas ini.

Selain itu juga, disana juga ada permainan Flying Fox. Nah, bagi anda yang ingin memacu adrenalin cocok rasnya untuk mencoba permainan ini.

Saat berkunjung Kamis, 22 April 2021, anteroaceh.com mencoba berbincangan dengan salah satu pengunjung disana untuk mendapat informasi lebih dari lokasi wisata ini.

Romi, salah seorang pengunjung dari Aceh Selatan mengaku sangat senang dan merasa lebih fresh saat berada di puncak gunong Sabil, sebab selain udaranya yang sejuk juga pemandangan hijau dan asri dapat menyejukkan mata.

“Panoramanya alamnya indah, ditambah lagi pengunungan yang hijau sehingga membuat kita nyaman dan pikiran terasa tenang saat berada disini,” ungkapnya yang mengaku baru pertama kali berkunjung kesana.

Romi menyebutkan, usai dirinya menjajaki semua lokasi serta berswafoto bersama keluarga rasa lelah karena aktivitas padat terbayar sudah dengan suguhan pemandangan alam disertai indahnya hamparan pemandangan laut menambah pesona keindahan destinasi wisata baru itu. 

“Saya yakin view laut yang indah ini bisa menghasilkan pemandangan sunset yang sangat menawan,” kata Romi. 

Di lokasi yang sama anteroaceh.com mendapat kesempatan berbincang dengan pemilik sekaligus pengelola lokasi objek wisata Gunong Sabil, namanya Salman.

Ternyata dari cerita Salman, ia sudah sejak lama berhasrat ingin mengembangkan wisata pengunungan di Kabupaten berjuluk Breuh Sigupai ini. Menurutnya dengan potensi yang ada, Abdya juga bisa memiliki wisata gunung seperti wilayah lainnya.

“Keinginan ini memang sudah lama saya niatkan, dan Alhamdulillah perlahan-lahan semua itu terwujud meskipun belum belum sepenuhnya. Tapi saya yakin seiring berjalan waktu kita akan terus berbenah untuk menata objek wisata ini,” ujar Salman.

Ternyata dibalik keseriusan Salman memoles objek wisata baru itu sehari-hari ia juga bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Abdya. 

Wabup Abdya, Muslizar MT saat berkunjung ke lokasi wisata Gunong Sabil.

Selama ini ia merasa cukup terpacu untuk terus memperindah tempat wisata itu karena mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Bahkan yang teranyar lokasi itu telah dikunjungi oleh Muslizar MT wakil Bupati setempat, “ini tentu menjadi semangat tersendiri,” kata Salman. 

Disisi lain kata Salman jumlah kunjungan terus meningkat bahkan tidak hanya dari Abdya saja tapi juga dari berbagai darah kabupaten tetangga.

“Alhamdulillah meskipun belum kita launching, pengunjung terus berdatangan, baik dari wisatawan lokal maupun pengunjung dari kabupaten tetangga seperti Aceh Selatan dan Nagan Raya, bahkan di bulan puasa ini juga ramai yang datang,” ucap dengan senyum simpul.

Pria lulusan Sarjana Hukum ini memang memiliki jiwa wisata sehingga lahan pribadi yang dulunya hutan belantara berhasil ditata menjadi objek wisata yang diminati oleh warga. 

“Kami selaku pengelola akan terus berbenah menjadikan wisata gunong sabil lebih diminati dan menjadi destinasi yang aman dan nyaman, bahkan perlahan-lahan lokasi ini akan terus kita tata dengan membuat pondok-pondok sehingga pengujung nyaman saat bersantai dengan keluarga,” tuturnya.

Oh iya dari cerita Salman nantinya lokasi wisata ini akan dilengkapi berbagai macam wahana permainan, ia berencana menjadikan objek wisata gunong sabil menjadi wisata professional sekelas wisata nasional bahkan internasional.

Untuk tarif masuk ke lokasi saat ini anda hanya cukup membayar Rp.3 ribu saja sebagai biaya parkir. Karena menurut Salman pihaknya belum mengeluarkan tarif resmi mengingat lokasi itu belum di lounching namun ia memastikan tarif yang akan dipatok nantinya tidak akan memberatkan pengunjung.

Komentar

Loading...