Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Menikmati Senja di tugu Kupiah Teuku Umar Meulaboh

Menikmati Senja di tugu Kupiah Teuku Umar Meulaboh

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Setiap daerah di Indonesia, termasuk Aceh memiliki ciri khas tersendiri dengan beragam keunikan dan sejarah. Begitupun di Kabupaten Aceh Barat, ada seorang tokoh pahlawan nasional yang terkenal, yaitu Teuku Umar. Bahkan Tugu Kupiah Meukeutop yang dipakai sang pahlawan menjadi lambang daerah Aceh Barat yang juga merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer.

Teuku Umar ditembak dan gugur dalam pertempuran dengan pasukan Belanda yang berlokasi di Pantai Batu Putih, Gampong Pasie Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat pada Februari 1899 silam.

Monumen Tugu Kupiah Meukeutop dibangun untuk mengenang jasa sang pahlawan dan mengingat kembali sejarah di Aceh Barat.

Ucapan " Besok kita akan minum kopi di warung Meulaboh atau Saya akan syahid di perang suci" merupakan ucapan terakhir Teuku Umar sebelum gugur di medan perang melawan Belanda yang sangat fenomenal.

Kalimat itu kini terukir di dinding berlapis marmer di sertai dengan ukiran tulisan lainnya yang menjelaskan siapa sosok Teuku Umar.

Sepanjang pantauan anteroaceh.com di lokasi monumen, semakin sore pengunjung wisata semakin ramai berdatangan. Letak lokasinya juga tidak jauh dari pusat Kota Meulaboh dan terletak tepat dipinggir pantai yang membuat pengunjung terlena dengan keindahan sunset di kala senja. Selain menghabiskan waktu berfoto dengan latar belakang monumen, pemandangan sekitar juga menjadi nilai plus kenapakamu  harus berkunjung ke sana. Selain gratis masuk, tersedia pondok makan tepat di depan monumen sejarah dan tidak perlu takut kehabisan tempat parkir, karena halamannya luas.

Jika kamu main di belakang monumen tugu, ada banyak pengunjung yang juga menghabiskan waktu bersama keluarga untuk sekedar bermain di pasir pantai atau sekedar berfoto.  Bahkan ada banyak yang hanya sekedar duduk dibebatuan menikmati pemandangan senja yang semakin lama semakin indah. Tidak rugi untuk datang ke sini, selain kamu akan tahu sejarah, semua lelah dan penat sehabis kerja akan hilang seketika. Nah jika kamu ke Meulaboh, Tugu Kupiah Meukeutop adalah tempat wajib untuk dikunjungi. Selamat weekend.

Komentar

Loading...