Mengejutkan, PNA Usul Sayuti Sebagai Cawagub Pendamping Nova

Mengejutkan, PNA Usul Sayuti Sebagai Cawagub Pendamping Nova
Sayuti terlihat sedang memoerlihat surat kepada Irwandi Yusuf. Foto: Facebook Sayuti Abubakar.

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nanggroe Aceh (PNA) akhirnya menetapkan Sayuti, SH, MH sebagai calon wakil Gubernur pendamping Nova Iriansyah sisa masa jabatan 2017-2022.

Keputusan itu memang agak mengagetkan, sebab nama Sayuti sebelumnya tidak muncul dalam surat rekomendasi yang dikeluarkan DPP PNA. Saat itu PNA disebut-sebut akan mengusulkan Tgk. Muharuddin Harun, Muhammad Nazar atau Muhammad MTA dan belakangan muncul nama adik Irwandi Yusuf yakni; Muhammad Zaini.

Sekjen DPP PNA, Miswar Fuady mengatakan sebelum akhirnya menetapkan Sayuti, Majelis Tinggi PNA sempat tidak menemui titik temu dalam menentukan cawagub yang akan diusulkan.

“Sampai akhir Januari, Majelis Tinggi PNA belum mencapai kesepakatan dan meminta DPP PNA untuk menambah jumlah kader PNA yang diusulkan sehingga waktu itu PNA menarget penetapan Cawagub akan diputuskan pada minggu pertama bulan Februari 2021,” terang Miswar dalam rilis pers yang diterima anteroaceh.com, Jum’at (5/3/2021).

Atas pemintaan MTP PNA akhirnya DPP PNA mengkomunikasikan dengan beberapa kader yang dianggap memiliki kapasitas, integritas dan loyalitas untuk mendaftarkan diri ke DPP PNA namun sampai awal Februari hanya ada dua kader yang mendaftar yakni; Muhammad Zaini dan Sayuti.

Meski telah menambah dua nama baru namun hingga awal Maret MTP PNA juga tidak mencapai kata sepakat sehingga empat anggota MTP; Sayuti, Sunarko, Irwandi Yusuf dan Miswar Fuady bersepakat agar DPP PNA menggunakan kewenangannya untuk menetapkan Cawagub pendamping Nova.

“Kesepakatan MTP, kita menyerahkan penetapan Cawagub kepada Ketua Umum PNA, bapak Irwandi Yusuf.  Dengan syarat mengutamakan kader PNA yang memiliki kapasitas, integritas dan loyalitas. Akhirnya BW menetapka Sayuti,” kata Miswar.

Miswar mengatakan setelah ini, DPP PNA akan mengirimkan nama Sayuti kepada Gubernur Aceh untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRA.

Komentar

Loading...