Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Mengapa Inggris Melarang Huawei dari jaringan 5G? Memata-matai Penggunanya?

Mengapa Inggris Melarang Huawei dari jaringan 5G? Memata-matai Penggunanya?

ANTEROACEH.com - Pemerintah Inggris telah mengumumkan serangkaian langkah untuk menghapus ponsel keluaran China Huawei dari jaringan seluler 5G Inggris. Aturan ini akan melarang penyedia seluler Inggris untuk membeli peralatan Huawei 5G baru setelah akhir tahun ini dan mereka harus menghapus semua kit 5G-nya dari jaringan mereka pada tahun 2027.

Pemerintah Inggris sebelumnya mengatakan Huawei dapat terlibat dalam proyek tersebut tetapi berubah pikiran menyusul meningkatnya kekhawatiran keamanan tentang China.

Sekilas Tentang Huawei?
Huawei didirikan pada tahun 1987 di Shenzhen, Tiongkok selatan, oleh Ren Zhengfei, seorang mantan perwira militer. Huawei mulai membuat peralatan komunikasi untuk jaringan telepon seluler dan sekarang menjadi pemimpin global, mempekerjakan 180.000 pekerja.

Huawei adalah pemasok smartphone terbesar kedua di dunia setelah Samsung, dengan marketshare 18% pasar di depan Apple dan lainnya.

Mengapa mengkhawatirkan Huawei?
Inti dari perdebatan ini adalah pertanyaan sederhana: dapatkah kita mempercayai Huawei atau akankah menggunakan peralatannya pada jaringan komunikasi, dan ponsel kita sendiri rentan?

Pemerintah AS mengatakan Huawei dapat digunakan oleh China untuk memata-matai melalui peralatan 5G-nya. Ini merujuk pada latar belakang militer Ren dan peran Huawei dalam jaringan komunikasi sebagai argumen untuk risiko keamanan. 

Mr Ren sendiri adalah anggota tentara China, Tentara Pembebasan Rakyat, selama sembilan tahun hingga 1983. Dia juga anggota Partai Komunis China.

Washington telah melarang perusahaan AS melakukan bisnis dengan Huawei (misalnya, merancang dan memproduksi chip) dan ingin sekutunya juga melarangnya dari jaringan 5G mereka. Australia dan Selandia Baru telah bergabung dengan AS.

Untuk Inggris sendiri, melanjutkan penggunaan peralatan Huawei dapat memengaruhi pembicaraan perdagangan penting antara Inggris-AS (setelah Brexit) dan AS memperingatkan bahwa keputusan seperti itu dapat membahayakan kerja sama keamanan di masa depan.

Tetapi memutuskan untuk melarang Huawei dari 5G di Inggris, dapat mengambil risiko pembalasan China seperti kemungkinan serangan dunia maya.

5G: Dimana masalahnya?
Banyak negara bersiap untuk beralih dari 4G ke jaringan seluler 5G yang lebih maju. Kecepatan unduh 10 kali lebih cepat dari saat ini akan secara radikal mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, dan juga streaming video.

Secara teori, mengendalikan teknologi di jantung jaringan ini dapat memberi Huawei kemampuan untuk memata-matai atau mengganggu komunikasi selama perselisihan di masa depan. Ini penting, karena semakin banyak hal dimulai dari mobil yang bisa menyetir sendiri hingga lemari es, monitor bayi dan alarm kebakaran yang terhubung ke internet.

Kekhawatirannya adalah bahwa peretas yang disponsori negara dapat menggunakan perangkat ini, yang seringkali memiliki fitur keamanan yang lebih lemah, sebagai pintu belakang ke jaringan vital yang strategis. Hal ini memungkinkan untuk mematikan pembangkit listrik pesaing misalnya.

Tetapi menghapus peralatan Huawei dari jaringan juga akan berdampak signifikan pada peluncuran teknologi 5G di Inggris. Sekretaris Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden mengatakan bahwa hal itu akan ditunda dua hingga tiga tahun dan dengan biaya tambahan hingga £ 2 miliar euro.

Apakah Huawei memata-matai kita?
AS berpendapat bahwa Undang-Undang Intelijen Nasional China 2017, yang mengatakan organisasi harus "mendukung, bekerja sama, dan berkolaborasi dalam pekerjaan intelijen nasional", berarti Beijing dapat memaksa Huawei untuk melakukan penawarannya.

Huawei mengatakan tidak pernah diminta untuk memata-matai dan "secara tegas akan menolak untuk mematuhi". Ia menambahkan: "Kami tidak akan pernah berkompromi atau merugikan negara, organisasi, atau individu mana pun, terutama dalam hal keamanan dunia maya dan perlindungan privasi pengguna."

Untuk memantau perusahaan ini, Inggris mendirikan Huawei Cyber Security Evaluation Center, yang berada di bawah National Cyber Security Center (NCSC). Pada Maret 2019, dikatakan mereka tidak menemukan bukti aktivitas berbahaya dari negara China, tetapi mengidentifikasi beberapa cacat serius dalam rekayasa perangkat lunak dan kompetensi keamanan siber Huawei.

Mengumumkan larangan tersebut pada 14 Juli, Dowden mengatakan bahwa NSCS sekarang telah "secara signifikan mengubah penilaian keamanan mereka" dari kehadiran Huawei di jaringan 5G Inggris. Dia mengatakan keputusan itu mengikuti sikap Washington yang lebih keras terhadap perusahaan tersebut tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Apakah ada alternatif selain Huawei untuk 5G?
Para konsumen AS hampir pasti akan menyukai kit dari perusahaan AS sendiri, seperti Cisco, Juniper Networks, atau Qualcomm. Di Eropa, produsen 5G termasuk Ericsson Swedia dan Nokia Finlandia.

Nokia telah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan: "Kami memiliki kapasitas dan keahlian untuk mengganti semua peralatan Huawei di jaringan Inggris dengan skala dan kecepatan."

Terus bagaimana dengan ponsel Huawei?
Tindakan tersebut tidak memengaruhi kemampuan Huawei dalam menjual smartphone miliknya kepada konsumen. Jika anda menggunakan ponsel Huawei, sangat kecil kemungkinannya perusahaan tersebut menyerahkan data anda kepada pemerintah China, meskipun mungkin saja ada kemungkinan. Dengan cara yang sama, secara teknis, data dari ponsel Google Pixel dapat diserahkan kepada pemerintah AS.

Jika ponsel Huawei anda diterbitkan sebelum pelarangan dari pemerintah AS terkait dengan perang dagang, ponsel tersebut tetap akan menerima pembaruan Android dari Google, tetapi model yang lebih baru tidak akan lagi mendapat layanan ini.

Komentar

Loading...