Media Berperan Penting dalam Literasi Keuangan Syariah di Aceh

Media Berperan Penting dalam Literasi Keuangan Syariah di Aceh
Tangkapan layar kegiatan Workshop Peran dan Tantangan Media memperkuat literasi keuangan syariah dan qanun LKS di Aceh (Foto: ist)

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh berkomitmen terhadap berkembangnya ekosistem ekonomi syariah di Aceh walaupun selama proses penerapannya masih mengahadapi sejumlah tantangan terutama terkait literasi masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengawali pembukaan acara Media Workshop JMSI & BSI yang digelar secara virtual, Selasa (24/9/2021). 

Ditegaskan Nova, Pemerintah Aceh akan berdiri di barisan terdepan untuk mendukung penerapan ekonomi syariah di Aceh. Dukungan itu menjadi semakin kuat dengan terbitnya Qanun Lembaga Keuangan Syari'ah (LKS) yang akan diberlakukan tahun 2021 mendatang.

"Pemerintah Aceh sebagai unsur eksekutif di Daerah Aceh tentu harus berdiri di paling depan untuk mendukung Qanun ini, karena  Qanun LKS ini inisiasinya datang dari Pemerintah Aceh, dibahas dan disepakati bersama DPRA dan insyaAllah tahun depan akan di laksanakan," ucap Nova Iriansyah

Nova menganggap pro dan kontra yang terjadi selama ini di tengah masyarakat terkait penerapannya merupakan hal yang biasa terjadi dan apapun masalahnya.

Dikatakan Gubernur pihaknya telah bersepakat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk tetap menyelenggarakannya. Jika kemudian ada kendala dan hal yang harus diselesaikan.

Salah satu tantangan terbesar Pemerintah Aceh untuk menyelaraskan sistem perekonomian syariah dan keuangan syariah, sebut Nova adalah masalah literasi, yaitu masalah ketidaktahuan masyarakat dan pengguna jasa keuangan syariah. 

Hal itu, sebutnya lagi menjadi masalah bersama yang juga diperlukan peran media untuk mengedukasi masyarakat dan memberikan pemahaman, pencerahan kepada publik tentang literasi keuangan syariah. 

“Tentu saja media baik perusahaan maupun pekerja media harus memahami tentang literasi itu sendiri agar dalam menghasilkan produk jurnalistik dapat memberikan pesan dan kesan yang kuat bagi masyarakat luas terhadap literasi keuangan syariah khususnya,” kata Nova.

Nova menambahkan, dalam konteks penerapan qanun LKS, banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah Aceh, unsur-unsur Pemerintah Aceh yang lain dan juga masyarakat. Namun, ia yakin tantangan yang akan dihadapi nantinya akan dapat diselesaikan dan dicari solusinya bersama.

"Di awal kita laksanakan tentunya tantangan akan tetap muncul namun kita tetap akan menjalani secara bersama sebab kita yakin dan percaya pertolongan Allah pasti ada. semua akan lebih  semua komponen dalam masyarakat ikut terlibat aktif," pungkas Gubernur Nova Iriansyah.

Komentar

Loading...