Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Masyarakat Gampong Padang Geulumpang Juga Sampaikan Surat Mosi Tak Percaya Terhadap Keuchik ke Dewan

Masyarakat Gampong Padang Geulumpang Juga Sampaikan Surat Mosi Tak Percaya Terhadap Keuchik ke Dewan

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Sejumlah masyarakat Gampong Padang Geulumpang, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) juga mengajukan surat Mosi tidak percaya terhadap Keuchik setempat, Hasbullah ke Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya, Kamis (13/2/2020).

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Wakil Ketua DPRK I Abdya, Hendra Fadhli yang ikut didampingi oleh Ketua Komisi A, Sardiman, Wakil Ketua Komisi A, Justar dan anggota Julinardi, serta anggota DPRK Agusri Samhadi dan Usman IA.

Dalam kesempatan itu, Perwakilan masyarakat Padang Geulumpang T. Mustiari mengatakan, kedatangan mereka dalam rangka mengajukan surat mosi tidak percaya terhadap keuchik gampong Padang Geulumpang.

“Mosi tidak percaya kami kepada Keuchik tentang anggaran Dana Desa (DD) yang sering tidak dilakukan mufakat dengan kami, salah satu contohnya, gedung bangunan PAUD diatas tanah dana hibah untuk dayah, tetapi bisa dijadikan pembangunan PAUD, walaupun sekarang sudah dikembalikan ke dayah dan PAUD sudah dibuat ke gedung serba guna,” ungkapnya.

Kemudian, kata pria yang karap disapa Mus Sedong, Tuha Peut dan Tuha Lapan tidak ada Surat Keputusan (SK) selama empat tahun. Sehingga ia bertanya, dari mana gaji Tuha Peut dan Tuha Lapan yang diterima selama ini.

“Sementara uang pemerintah yang turun ke gampong dengan syarat yang sangat mecukupi, seperti penerimaan gaji tuha peut dan tuha lapan yang harus dilengkapi dengan SK, akan tetapi selama empat tahun itu, mereka tidak pernah menerima SK,” jelasnya.

Selanjutnya, sambung Mustiari, Sekrektaris Desa (Sekdes) selama satu tahun tidak pernah dipakai oleh keuchik. Sehinngga dia kembali menanyakan, bagaimana cara anggaran gampong ini akan dibuat pembangunan jika selama satu tahun tidak ada Sekdes.

“Banyak sekali pelanggaran-pelanggaran di gampong kami yang sudah tertera didalam surat ini, dimana sebentar lagi akan kami serahkan kepada DPRK Abdya. Kami hanya ingin gampong kami ini maju, bukan semata-mata untuk menghancurkan gampong. Maka kami berharap kepada dewan untuk membenahi dan segera diberhentikan keuchik gampong Padang Geulumpang,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRK Abdya, Sardiman mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan menindaklanjuti mosi tidak percaya terhadap keuchik Hasbullah sesusai dengan wewenang dewan.

“Insyaallah dalam waktu dekat ini kita akan melaksanakan rapat sebagai bentuk tindak lanjut aspirasi masyarakat sesuai wewenang dewan. Dan perlu diketahui juga, bahwa dewan tidak berhak mengeksekusi atau memberhentikan keuchik, karena dewan tidak ada kapasitas untuk memberhentikan keuchik, tetapi dewan hanya sebatas menerima aspirasi masyarakat dan menindaklanjutinya saja,” pungkasnya.

Amatan ANTEROACEH.com, setelah menyerahkan surat mosi tidak percaya terhadap Keuchik Gampong Padang Geulumpang dan berdiskusi dengan anggota dewan di aula rapat gedung DPRK Abdya, masyarakat langsung membubarkan diri dengan tertib.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...