Masuk Enam Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi, Keuchik Ujung Batee Paparkan Potensi dan Inovasi Desanya

Masuk Enam Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi, Keuchik Ujung Batee Paparkan Potensi dan Inovasi Desanya

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com - Keuchik Ujung Batee, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan, Saipul telah selesai menyampaikan pemaparan perkembangan gampong dalam seleksi pemaparan lomba desa tingkat Provinsi Aceh tahun 2020 yang dilaksanakan di Hotel Kyriad, Banda Aceh, Selasa (1/6/2021) kemarin.

Saat pemaparan, Keuchik juga turut didampingi oleh Sekretaris Desa, Ketua TP PKK, Ketua Tuha Peut,  Camat Pasie Raja dan Kepala Dinas DPMG Aceh Selatan.

Sebelumnya, Gampong Ujung Batee berhasil masuk 6 besar lomba gampong tingkat Provinsi setelah menjalani proses seleksi administrasi beberapa waktu lalu.

Dalam materi pemaparan yang disampaikan, Saipul menjelaskan 12 poin penting terkait dengan gampong, yaitu berupa gambaran umum gampong, proses pembuatan dan review RPJMG sesuai ketentuan dan tranparansi serta partisipatif, selain itu upaya gampong dalam penurunan angka kemiskinan, produk unggulan dan inovasi ekonomi kemandirian BUMG.

Kemudian, ia juga menjelaskan terkait berbagai inovasi lainnya baik dalam penanganan stunting, penerapan TTG serta dalam penerapan protokol kesehatan dan adaptasi kehidupan baru. 

Lalu juga turut dipaparkan upaya Program Gampong bersinar (bebas Narkoba), penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa, upaya penanganan covid-19 pada tahun 2020 dan penggunaan dana desa untuk 18 SDGs.

"Alhamdulillah Gampong Ujung Batee telah selesai memaparkan semua yang diprasyaratkan dalam mengikuti lomba desa di Tingkat Provinsi ini," ungkap Saipul

Dikatakan Saipul, adapun tahapan selanjutnya adalah tim juri akan melakukan pengecekan langsung ke gampong untuk memastikan kesesuaian data yang telah dipaparkan.

"Harapan saya, ini untuk Aceh Selatan, saya berharap semua pihak mohon dukungan kita untuk meraih terbaik di tingkat Provinsi, dukungan ini sangat penting untuk kepentingan bersama atas nama kabupaten Aceh Selatan," kata Saipul.

Sementara itu Bendahara Gampong  Ujung Batee, Adi Darmawan menjelaskan kemungkinan tim juri akan datang pada minggu ketiga bulan Juni 2021, namun ia juga tidak bisa memastikan hal tersebut.

"Pada intinya Gampong harus siap terhadap tahapan itu. Pengecekan itu untuk balance atas keterangan keuchik pada saat pemaparan, artinya bukan hanya diatas kertas tapi harus real di lapangan," ucap Adi Darmawan.

Untuk diketahui 6 desa yang diberi kesempatan pemaparan adalah; Gampong Ujung Batee dari Aceh Selatan, Geucee Meunara, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, Gampong Bukit Keumuning, Kecamatan Jagong Jeget, Aceh Tengah, Gampong Pante, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, Gampong Buket Meutuah, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa dan Lae Saga, Kecamatan Longkib, Kota Subulussalam.

Komentar

Loading...