Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Masker Medis Kosong di Lhokseumawe, Harga Melambung

Masker Medis Kosong di Lhokseumawe, Harga Melambung
ilustrasi

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Kelangkaan masker medis baru-baru ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar, namun juga berimbas ke daerah-daerah , termasuk di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya.

Tidak hanya langka, bahkan kabar terkini penutup mulut dan hidung itu sudah tidak lagi tersedia di apotek, kalaupun ada harga per boks ratusan ribu rupiah.

“Saya sudah cari kemana-mana tidak ada barang, termasuk di apotik-apotik besar, di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Jika pun ada itu hanya di rumah sakit, puskesmas itupun sangat terbatas sekali dan hanya diperuntukkan untuk tenaga medis,” jelas salah seorang pemilik depot obat di Lhokseumawe, Rabu (12/2/2020).

Informasi dari teman-teman sesama pemilik depot obat yang ia terima, untuk harga 1 boks masker merek Sensi saat ini dijual seharga Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu. Sedangkan harga normalnya hanya Rp 20 ribu di Distributor dan Rp 30 ribu di pengecer.

Sedangkan masker merek N95 yang sebelum seharga ratusan ribu per bok isi 9 set, sekarang dijual Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta ber boks.

Hal senada juga diungkap Rusli, pemilik usaha barang rongsokan di Muara Satu, Lhokseumawe. Katanya setiap akhir pekan dirinya membeli 3 boks masker untuk kebutuhan pekerja di gudang. Namun dalam sepekan ini masker sudah kosong di apotik langganannya.

“Saya selalu pesan di apotik dan depot obat langganan di Kota, tapi hampir seminggu ini tidak ada barang. Saat saya tanya ke mereka (pekerja apotek-red) dibilang putus (kosong-red) barang,”ungkapnya.

Sementara itu Gunawan, salah seorang penyalur obat-obatan menjelaskan, kelangkaan masker saat ini terjadi dimana-mana, bahkan beberapa situs belanja online juga menjual unit masker dengan harga tinggi, diatas harga normal. Tidak diketahui pasti penyebabnya, namun kelangkaan masker medis seiring maraknya isu virus Corona.

Ia menyarankan pemerintah harus bertindak termasuk pihak kepolisian untuk menyelidiki dugaan penimbunan masker untuk masyarakat, karena masker medis saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang peduli terhadap kesehatan.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...