Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Maling Ternak Pakai Mobil di Pidie Incar Sapi Tidur di Jalan, Dijual 3 Juta Per Ekor

Maling Ternak Pakai Mobil di Pidie Incar Sapi Tidur di Jalan, Dijual 3 Juta Per Ekor

SIGLI, ANTEROACEH.com - Satreskrim Polres Pidie masih melakukan pemeriksaan terhadap tiga tersangka maling sapi pakai mobil rental yang  seorang diantaranya berstatus mahasiswa. Pengakuan tersangka terbaru, selama ini mereka mengincar sapi yang tidur di jalan-jalan  jauh dari pemukiman.

“Seorang tersangka mengaku spesialis maling ternak dan sudah sering beraksi di kawasan Pidie dan Aceh Besar. Mereka mengincar sapi-sapi yang masih berkeliaran dan tidur di jalan yang  sepi dan jauh dari pemukiman. seperti  jalan lintas pesisir pantai antara Laweung dan Aceh Besar,” ujar Kasat Reskrim Polres Pidie AKP Ferdian Chandra,  Sabtu (20/2/2021).

Seorang tersangka, kata Ferdian,  sudah mencuri 10 ekor sapi, seorang tersangka lainnya sudah mencuri lebih  20 ekor.  Sedangkan mahasiswa yang terkena tembakan mengaku baru sekali itu. dan dua tersangka yang berhasil kabur juga bagian dari kelompok mereka dan telah beraksi sejak lama.

Para tersangka juga mengaku, bahwa mobil Daihatsu Xenia putih yang dipakai memuat tiga ekor sapi yang kini sudah disita, merupakan mobil rental dari salah satu tempat rental di Sigli. Faktanya selama ini pelaku memakai jasa rental mobil untuk beraksi.

“Biar tidak ketahuan pemilik rental, sesudah dipakai mencuri  mobil dibawa ke doorsmeer agar kotoran ternak dan aroma ternak hilang dan bersih. Untuk mengklarifikasi soal itu, kita juga akan periksa pemilik mobil rental,” jelasnya.

Selain itu ada tersangka selama ini langsung menjual sapi curian ke salah seorang penadah di Sigli, per ekor dijual Rp 3 juta. Saat ini penampung sapi-sapi curian tersebut sedang diburu bersama dua tersangka lainnya yang masih buron.

Sebelumnya dikabarkan Polres Pidie berhasil meringkus tiga tersangka maling sapi yang beraksi  di -sepanjang jalan Krueng Raya Aceh Besar- Laweung Pidie, pada  Selasa (16/2/2021) subuh. Seorang pelaku berstatus mahasiswa terkena tembakan petugas saat berusaha kabur, selain itu dua ekor sapi juga ditemukan mati dalam mobil karena terhimpit.

Pelaku yang berhasil ditangkap, masing-masimg  Fz (21) berstatus mahasiswa asal Grong-grong, Yl (23) asal Rawa Gampong, Kecamatan Pidie dan Az (40) asal Gampong Yaman Barat, Kecamatan Mutiara.

Penangkapan tersebut berawal saat petugas  mendapatkan informasi ada mobil Xenia Putih BL1551PC berada di dekat pantai kawasan Laweung, warga curiga mobil itu membawa sabu-sabu. 

Kemudian tim gabungan Polsek Muara Tiga, Reskrim dan Sat Narkoba turun ke lokasi untuk mengintai. Ternyata benar ada mobil tersebut di lokasi. Petugas kemudian langsung berusaha menyergap dengan terlebih dahulu memberikan perintah berhenti.Tapi mobil tersebut langsung bergerak cepat untuk kabur.

Saat itu, lanjut Ferdian, petugas berusaha mengejar dan beberapa kali diberi tembakan peringatan ke atas, namun para pelaku malah semakin kencang, hingga akhirnya tembakan terukur terpaksa di arahkan ke ban mobil sehingga salah satu tersangka inisil Fz terkena peluru  dibagian paha kanan. Saat itu pula mobil tersangka terperosok ke parit di samping jalan.

Saat itu pelaku berjumlah lima orang berusaha lari ke arah semak-semak. Akhirnya polisi hanya berhasil menangkap tiga tersangka. Sedangkan tersangka WD dan   H berhasil melarikan diri dan kita masukkan dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Pidie.

Komentar

Loading...