Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Mahasiswa Universitas Jember Lolos Jadi Anggota Dewan Diusia 22 Tahun

Mahasiswa Universitas Jember Lolos Jadi Anggota Dewan Diusia 22 Tahun

ANTEROACEH.com - Seorang mahasiswa Universitas Jember (Unej) masih duduk di semester 8 lolos menjadi anggota legislatif di Bondowoso. Dia menjadi anggota dewan saat usianya masih 22 tahun.

Pemuda lajang itu adalah Muhammad Irsan Marwanda Bachtiar, mahasiswa Fakultas Teknik Sipil, Universitas Jember. Dia berhasil melenggang sebagai anggota dewan melalui PDI Perjuangan.

Ditemui di rumahnya, Irsan, sapaan karibnya menuturkan jika terjun ke politik praktis sebenarnya tak pernah diimpikan. Kendati, di kampusnya dia sudah bergelut di orgasisasi intrakampus, yakni Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM).

Namun begitu, sebagai pendatang baru di dunia politik praktis dia tetap akan terbuka untuk bisa menimba ilmu dan pengalaman dari berbagai kalangan. Terutama dari para politisi senior yang memang sudah lama berkecimpung di dunia politik.

"Oleh sebab itu mumpung diberi kesempatan dan kepercayaan, saya akan berkiprah untuk menampung aspirasi masyarakat, khususnya kaum milenia," ujar putera ke-2 Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (8/5/2019).

Irsan mengaku, selama ini kaum muda memang masih sangat terbatas yang terjun di dunia politik praktis. Padahal, era sekarang bisa disebut sebagai zaman milenial yang tentu membutuhkan tangan-tangan paramuda.

Ketika ditanya apakah terjunnya ke dunia politik karena orang tuanya sedang memiliki kekuasaan, pria kelahiran 16 Maret 1997 ini dengan tegas menampiknya. Justru dengan terjun ke lembaga legislatif tersebut, dia bisa turut serta mengontrol kinerja eksekutif.

"Di rumah, sebagai anak saya memang harus patuh pada orang tua. Tapi sebagai anggota legislatif, saya berperan jadi fungsi kontrol atas kebijakan eksekutif yang salah satunya digawangi ayah saya," tegas anak kedua dari empat bersaudara ini.

Irsan Bachtiar berhasil melenggang ke kursi dewan melalui partai bergambar banteng bermoncong putih. Dia berangkat dari Dapil 1, meliputi Kecamatan Tenggarag, Wonosari, serta Kecamatan Bondowoso Kota.

Di Dapil ini, partai besutan Megawati tersebut berhasil menempatkan 2 orang calegnya di kursi DPRD Bondowoso. Yakni Sinung Sudrajat yang mengantongi suara terbanyak, disusul Irsan Bachtiar di peringkat berikutnya.

Dari 45 calon anggota legislatif hasil Pemilu 2019 beberapa saat lalu, Irsan Marwanda Bachtiar merupakan anggota dewan termuda. Usianya 22 tahun lebih 2 bulan.

Sumber : detik

Komentar

Loading...