Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Mahasiswa STIT Muhammadiyah Abdya Laksanakan KPM di Aceh Selatan

Mahasiswa STIT Muhammadiyah Abdya Laksanakan KPM di Aceh Selatan
BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Kabupaten Aceh Selatan.

Jumlah peserta KPM yang akan melaksanakan tugas pengabdian masyarakat laki-laki berjumlah 75 orang, sedangkan perempuan 27 orang, dengan keseluruhan berjumlah 102 orang.

Kepala STIT Abdya Mukhlis Muhdi MS disela-sela penyerahan peserta KPM mengatakan, mahasiswa KPM akan melaksanakan tugasnya di Kecamatan Labuhan Haji Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

"Anak-anak kami akan melaksanakan pengabdiannya ditempat bapak-bapak selama dua bulan, dan mereka akan ditempatkan di 12 Gampong yang ada dalam Kecamatan Labuhan Haji Timur," ungkapnya, Senin (1/7/2019).

Mukhlis menyebutkan, KPM bertujuan untuk melatih mahasiswa agar berkembang ditengah-tengah masyarakat.

"Pada hakikatnya, mahasiswa suatu saat akan tumbuh dan berkembang ditengah-tengah masyarakat setelah selesai kuliah sehingga KPM ini diharapkan dapat menjadi jembatan untuk eksistensi ditengah masyarakat," sebutnya.

Menurut Ketua STIT Muhammadiyah Abdya jika ditinjau secara kultur dan emosi antara Labuhan Haji dan Abdya masih satu meski secara administrasi terpisah.

"Banyak alasan dan pertimbangan sehingga kami memilih pelaksanaan KPM di Labuhan Haji salah satunya Aceh Selatan merupakan Kabupaten induk sebelum Abdya dimekarkan," jelasnya.

Disamping itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs Martunis, menyambut baik kehadiran mahasiswa yang melaksanakan KPM diwilayahnya.

"Kami menyambut baik dan terbuka kedatangan adek-adek mahasiswa KPM STIT Muhamamadiyah Abdya, karena pada prinsipnya pendidikan adalah jalan untuk membangun pengetahuan, akhlak dan memperkuat keimanan," imbuhnya.

Dia berharap agar mahasiswa memiliki jiwa wirausahan yang mampu membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Kami berharap agar nantinya, mahasiswa haruslah menjadi wirausahawan yang mampu memeperkerjakan, bukan menjadi sosok yg nantinya bergantung pada orang lain," demikian tutup Martunis.

Komentar

Loading...