Lima Perampok Ditangkap di Aceh Selatan, Satu Tewas Ditambak

Lima Perampok Ditangkap di Aceh Selatan, Satu Tewas Ditambak

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com - Sebanyak lima orang perampok berhasil diamankan oleh personil polsek Trumon Timur, Aceh Selatan. Satu diantaranya tewas ditembak karena berupaya melewan saat hendak ditangkap.

Berdasarkan informasi, kelima perampok itu dilumpuhkan setelah melakukan aksinya disalah satu rumah warga,  Gampong Ujung Padang Asahan, Kecamatan Pasie Raja.

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Deddy Satsono, ST melalui Kapolsek Trumon Timur Iptu Jumanto, SH mengatakan pelaku yang tewas IW (34) warga Gampong Lawe Sagu, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara.

Sedangkan empat lainnya SS (34) warga Gampong Padang, Kecamatan Tapaktuan, SD (69) warga Gampong Kandang Belang Mandiri, AM (42) warga Gampong Lawe Sagu Hulu, Kecamatan Lawe Bulan, dan MS (43) warga Gampong Lawe Sagu Hulu, Kecamatan Lawe Bulan.

Kapolsek menceritakan, penangkapn itu berawal dari informasi Polsek Pasie Raja bahwa ada pelaku perampokan yang  melarikan diri pada pukul 03.00 WIB dengan menggunakan mobil avanza warna putih bernomor polisi BK 1865 IJ. 

"Mendapatkan informasi itu, saya langsung memerintahkan anggota untuk siaga di depan kantor guna melakukan persiapan penghadangan terhadap pelaku perampokan dengan menaruh batu besar dijalan untuk antisipasi mobil yang dikendarai oleh para pelaku perampokan yang melaju kecepatan tinggi," ungkap Iptu Jumanto,  Senin (2/12/2019).

Kemudian, kata Jumanto, sekira pukul 04.00 WIB, mobil yang diduga dikendarai pelaku terlihat, selanjutnya polisi memaksa berhenti dengan memberi aba-aba peringatan. Namun, lanjutnya, pelaku yang mengemudikan mobil tidak mengindahkan aba-aba dan peringatan.

"Anggota kita sempat melepaskan tembakan ke uadara sebanyak empat, baru kemudian  mobil yang mereka tumpangi berhenti," kata Jumanto. 

Namun, kata dia, disaat petugas hendak mendekati mobil untuk mengambil kunci, pelaku IW yang saat itu berada dibelakang bangku sopir mengambil alih kemudi dan mencoba melarikan mobil bahkan saat itu satu anggota polisi hampir ditabrak oleh pelaku. 

"Setelah itu petugas kembali memberikan tembakan peringatan, namun tidak dihiraukan dan petugas langsung melakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak ke arah mobil lewat kaca depan mobil, sehingga tembus dan mengenai IW di bagian dada tepatnya di tengah," jelas Jumanto rinci.

Kemudian, sambung Jumanto, setelah dilakukan penembakan tersebut, petugas kembali mendekati mobil yang dikendarai para pelaku, kemudian pelaku MS turun dari mobil dan melarikan diri kearah rumah warga, dan pada saat itu juga polisi kembali melakukan tindakan tegas dengan menembaki pelaku yang mengenai tangannya.

"Setelah berhasil kita lakukan penangkapan terhadap kelima pelaku ini, satu diantaranya berhasil kabur dengan inisial AR (40) warga gampong Lawe Sagu Hulu, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh tenggara, yang mana semua BB hasil rampokan mereka berupa uang, emas dan beberapa unit Hp berhasil dibawa kabur oleh pelaku yang satu ini yang ditarok didalam tas Ransel warna hitam," terang Jumanto.

Ia juga mengaku, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pengejaran terhadap pelaku yang berhasil membawa kabur semua barang bukti tersebut. 

"Sampai saat ini, tim kita dari polsek Trumon Timur masih mekakukan pengejaran terhadap satu orang pelaku lagi yang  melarikan diri ke arah kebun warga masyarakat," pungkasnya. 

Komentar

Loading...