Layanan Tes Antigen Bandara Kualanamu Diduga Gunakan Alat Tes Bekas Pakai

Layanan Tes Antigen Bandara Kualanamu Diduga Gunakan Alat Tes Bekas Pakai
Penggerebekan lokasi rapid test antigen dengan alat bekas di Bandara Kualanamu. Foto: Istimewa.

ANTEROACEH.com – Polisi menemukan ratusan alat tes antigen bekas di lokasi layanan tes antigen di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Temuan itu berhasil diungkap setelah salah seorang anggota Polda Sumut melakukan penyamaran pada Selasa (27/4/2021) kemarin.

Setelah ditemukan hal mencurigakan polisi melakukan penggerebekan di laboratorium rapid test antigen Kimia Farma lantai M Bandara Kuanalamu sekitar pukul 15.45 WIB.

Hasilnya cukup mengejutkan, polisi menemukan ratusan alat rapid test bekas yang sudah dicuci bersih dan telah dimasukkan ke kemasan serta ratusan alat pengambil sampel rapid antigen yang masih belum digunakan.

Selain itu polisi akhirnya mengamankan sejumlah petugas laboratorium beserta barang bukti ke Polda Sumut.

Sebelumnya saat polisi melakuan penyamaran hasil yang keluar malah positif.

Penyamaran berawal dari salah satu polisi mendaftar sebagai calon penumpang yang hendak mengikuti rapid test antigen.

Setelah antri, dia masuk ke ruang pemeriksaan dan dimasukkan alat tes rapid antigen ke lubang hidung kemudian ia dipersilakan menunggu hasilnya.

Setelah 10 menit menunggu hasil tesnya anggota Polda Sumut itu dinyatakan positif. Polisi menyamar itu sempat berdebat dengan petugas.

Setelah itu, petugas laboratorium dikumpulkan dan polisi melakukan pemeriksaan menyeluruh di lokasi.

Hasilnya, polisi menemukan alat rapid test antigen yang telah dipakai tapi digunakan lagi alias didaur ulang.

Peralatan bekas itu adalah alat yang dimasukkan ke hidung. Alat itu diduga dicuci atau dibersihkan lagi setelah dipakai untuk digunakan ke pasien berikutnya.

Sementara itu Wakapolda Sumut, Brigjen Dadang Hartanto saat dikonfirmasi membenarkan adanya penggerebekan dan polisi sedang melakukan pendalaman.

Komentar

Loading...