Lagi, Warga Aceh Timur Terpapar Gas Beracun Medco 

Lagi, Warga Aceh Timur Terpapar Gas Beracun Medco 

IDI, ANTEROACEH.com - Ratusan warga Gampong Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur kembali terpapar gas beracun yang diduga dari instalasi PT Meco EP, Minggu (27/6/2021) malam. 

Saat ini dua warga terpaksa di rujuk ke Rumah Sakit terdekat, karena mengalami gangguan kesehatan serius.

Sedangkan 529 jiwa berada di pengungsian tepatnya di depan kantor Kecamatan Banda Alam. Informasi, warga mulai mengungsi sekitar pukul 22.00 WIB.

Evakuasi dibantu oleh sejumlah pihak termasuk dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kepala pelaksana BPBD Aceh Timur Ashadi melaui sambungan telepon membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya sudah menyediakn tenda bagi pengungsi termasuk dapur umum untuk menangani konsumsi untuk para pengungsi.

“Total pengungsi berjumlah 531 jiwa dari 112 kepala keluarga dari Gampong Rayeuk T, warta mulai merasakan aroma busuk sekitar pukul 21.00 WIB, kemudian buru-buru menyelamatkan diri ke lokasi aman,” jelas Ashadi.

Menurutnya,  warga yang mengungsi dari dua dusun yaitu Dusun CV 8 dan CV 9. Ashadi  juga mengatakan dua warga yang sempat dirujuk dari Puskesmas ke Rumah Sakit Umum Zubir Mahmud sudah membaik. 

“Hari ini Kalap BPBA sudah melakukan kunjungan ke lokasi pengungsi utuk memantau kondisi pengungsi. Saya ikut mendampingi bersama Kadis Kesehatan dan Kadis Sosial Aceh Timur,” sebut Ashadi.

Ia menambahkan beberapa petugas yang ditempatkan di lokasi pengungsian untuk memonitor kondisi pengungsi.

“Ini kejadian yaang kedua kali terhadap warga  gampong tersebut,” pungkasnya

Komentar

Loading...