Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Lagi, 7 Warga Sumut Ditangkap Diduga Terlibat Penyelundupan Rohingya di Lhokseumawe

Lagi, 7 Warga Sumut Ditangkap Diduga Terlibat Penyelundupan Rohingya di Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Kodim 0103 Aceh Utara kembali menggagalkan percobaan penyelundupan  Rohingya dari kamp BLK Kandang, Gampong Meunasah Mee, Kecamatan Muara Dua,  Kota Lhokseumawe, dengan menahan tujuh warga asal Sumut pada Jumat (20/11/2020) dini hari.

Dandim  Letkol Arm Oke Kistiyanto menerangkan,  mereka  adalah   DA (25) asal  Kelurahan  Kota Matsum IV Kecamatan Medan Area,  Kota Medan, Sumatera Utara, Za (20) seorang etnis Rohinya yang tinggal di Kota Medan.

Kemudian  Am (60) bersama istri Sa (38) .  Sf (43) bersama istrinya  Sd (45) kedua pasangan itu asal Desa Lalang Kecamatan  Medan Deras, Kota Medan, Sumut. Seorang lainnya Tu (36) keponakan Am. 

“DA ditangkap bersama sopir mobil yang dirental saat sedang menunggu Rohingya di Simpang Kandang, Lhokseumawe. sedangkan pelaku ZA diciduk pada pukul 05.00 WIB tadi, saat menumpang becak motor di kawasan Cot Girek Kandang, juga tidak jauh dari lokasi Kamp,” jelas Oke.

Keduanya memang ditugaskan oleh orang yang berbeda di Malaysia untuk menjempur Rohingya di Lhokseumawe.

Selain itu, sepanjang malam itu pihaknya juga berhasil menciduk 14 wanita Rohingya yang berhasil lompat pagar kamp. Mereka rata-rata sembunyi di semak-semak belukar sembari menunggu jemputan dan kondisi aman untuk mencari angkutan.

Sedangkan lima warga Sumut lainnya, belum dipastikan terlibat, namun sudah diserahkan ke pihak kepolisian untuk diperiksa lebih lanjut.

“Ini pengungkapan terbesar kita , setelah dua kasus sebelumnya. Kedua pelaku DA maupun Za memang dijanjikan upah oleh orang dari Malaysia bila berhasil membawa Rohingya keluar dari Aceh untuk diangkut ke Malaysia,” pungkasnya.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...