KRI Nanggala Ditemukan Dikedalaman 830 Meter Dengan Kondisi Terbelah Tiga

KRI Nanggala Ditemukan Dikedalaman 830 Meter Dengan Kondisi Terbelah Tiga
Foto: Istimewa

ANTEROACEH.com – Setelah melakukan berbagai upaya pencarian akhirnya KRI Nanggala ditemukan pada kedalaman 838 meter di laut Bali. 

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan kapal ditemukan dalam kondisi terbelah menjadi tiga bagian. Selain itu 53 awak kapal dipastika gugur dalam insiden itu.

Yudo Margono menerangkan, KRI Rigel menggunakan sonar dan menurunkan ROV ke titik yang ditemukan adanya serpihan besar KRI Nanggala. Sayangnya, panjang ROV tak memadai, yakni maksimal 800 meter.

Untuk itu, MV Swift Rescue menurunkan ROV yang memiliki jangkauan lebih jauh. Dari rekaman ROV itu, dipastikan benda besar yang sudah terdeteksi sonar merupakan KRI Nanggala.

"Kapal terbelah menjadi 3 bagian," kata Yudo Saat konferensi pers di Lanud Ngurah Rai, Bali, Minggu (25/4/2021).

Di saat yang sama, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, dari hasil tangkapan citra oleh KRI Rigel dan MV Swift Rescue, ada sejumlah serpihan yang berhasil dilihat dan serpihan kecil yang berhasil dievakuasi.

"Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala 402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11," jelas dia.

Dengan kondisi ini, Hadi memutuskan, seluruh awak kapal selam KRI Nenggala gugur dalam insiden ini.

"Berdasarkan bukti-bukti autentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," ucap dia.

Komentar

Loading...