Kreatif di Tengah Pandemi, Sulap Rooftop Jadi Kebun Selada

Kreatif di Tengah Pandemi, Sulap Rooftop Jadi Kebun Selada

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk terus bertahan secara ekonomi di masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Sebagian besar menunggu bantuan, namun tak sedikit juga yang berani berinovasi agar dapur tetap ngebul.

Suryani contohnya, seorang ibu rumah tangga di Dusun Paya Tunong, Gampong Paya Peuntut, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Tak mampu berdiam saja di rumah, karena tidak diperbolehkan keluar dari pekarangan rumah karena Covid.

Nah, beberapa bulan terakhir, ibu paruh baya itu menjadi sorotan publik di Kota Petro Dolar tersebut . Soalnya, ia  mampu mengubah lantai tiga rumah tempat tinggalnya menjadi kebun Selada. Kok bisa ?

Saat disambangi anteroaceh.com beberapa waktu lalu, Suryani terlihat senang, karena ibu dari tiga putra putri itu baru saja memanen hasil kebun Selada. Ini bukan baru sekali tapi sudah beberapa kali.

“Alhamdulillah, lumayan untuk menambah ekonomi keluarga dan juga membantu orang lain,” ucap Suryani sumringah.

Ternyata, seribuan Selada itu  ditanam di media pipa paralon dengan sistem hidroponik, diatas area 9,5 x 13,5 meter.    Teralis dudukan pipa yang berjejer diseluruh ruang dibuat sendiri oleh suami dibantu anak-anaknya. 

“Waktu senggang, kami tidak bisa beraktivitas di luar, ya kami bekerja membuat pelaron seperti ini, termasuk teralis besinya. Karena beberapa waktu lalu kita dilarang keluar rumah, karena lagi banyak yang terkena Corona,” jelasnya.

Cukup menunggu beberapa bulan sejak penanaman bibit, saat ini sekali panen, Suryani bisa meraup untung ratusan ribu rupiah. Walau menghasilkan banyak,namun dinilai cukup potensial menopang ekonomi keluarga ke depan.


Wanita itu mengaku belajar dari saudaranya yang menimba ilmu di pulau Jawa. Kemudian diterapkan secara perlahan. Ia sangat tertarik dengan pola hidroponik, karena tidak rumit seperti menggunakan media tanah atau polibag.

Kemudian, tidak membutuhkan lahan yang besar.  Asal air dan proses pencahayaan terproses dengan baik, tanaman bisa ditanam dimana saja, sekalipun di ruang sempit seperti di Roof top rumahnya ibu rumah tangga tersebut.

Katanya semua orang bisa melihat dan belajar dari usahanya kebunnya itu. Bahkan ia akan membagi tips sukses berkebun diatap rumah dengan warga sekitar. a

“Saya menilai ini berhasil, dan ke depan akan saya kembangkan di tempat lain dengan tanaman-tanaman lainnya. Doakan berhasil dan ini patut dicoba oleh siapa saja, semoga Covid-19 segera berlalu,” tutupnya.

Komentar

Loading...