Kota Panton Labu Berpeluang Besar  Masuk Prioritas Pemekaran

Kota Panton Labu Berpeluang Besar  Masuk Prioritas Pemekaran
Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi , saat mengikuti prosesi pengukuhan pengurus CDOB Kota Panton Labu di Kantor Camat Tanah Jambo Aye (Foto: Sirajul Munir/anteroaceh.com)

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com  - Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kota Panton Labu yang ada di Kabupaten Aceh Utara  berpeluang besar  masuk prioritas pemekaran daerah dengan beberapa daerah lain yang akan dimekarkan di Aceh.

Hal itu disampaikan Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi kepada wartawan, Minggu (4/4/2021) di Panton Labu, Aceh Utara. Sehari sebelumnya, ia mengikuti  Pengukuhan Pengurus Baru CDOB Kota Panton Labu di Aula Kantor Camat Tanah Jambo Aye.

Sejumlah daerah yang bakal dimekarkan masing-masing Kabupaten Aceh Selatan Jaya, Kabupaten Selaut Besar, Kabupaten Aceh Raya, Kabupaten Aceh Malaka dan  Kota Meulaboh.

"Pemekaran kota Panton Labu  lebih berpeluang dari pada kabupaten, kalau dilihat dari struktur kepentingan pusat, karena perubahannya adalah kabupaten menjadi kota. Hal ini merupakan kenaikan status," kata Fachrul Razi yang di dampingi Ketua CDOB Panton Labu Teuku Otman (Ayah Ot).

Selain itu katanya, Kota Panton Labu  kota  lebih berpeluang terbentuk, karena anggaran secara fasilitas dan daya dukung geografis sudah memenuhi. Kemudian bukan mengurangi kabupaten induk, tapi memperkuat.

“Sifatnya naik status dari kabupaten menjadi kota dan Kota Panton memenuhi syarat. Hari ini sudah kita verifikasi fakfual," tambah Fachrul Razi.

Terkait  Detada (Desain Penataan Daerah) dan Desertada (Desain Besar Penataan Daerah)  sudah dibahas dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan akan segera ditandatangani oleh pemerintah untuk dua wilayah pemekaran yakni Aceh dan Papua.

Sementara Ketua Baru CDOB Kota Panton Labu Teuku Otman sangat optimis Kota Panton Labu akan segera terbentuk.  Apalagi Aceh Utara memiliki desa terbanyak yakni 852 desa, sehingga peluang pemekaran sangat besar.

"Kita juga terus melobi- lobi. Prosedurnya kita ikuti dan lakukan.  Mungkin di 2022, Insya Allah Kota Panton Labu menjadi Pemkot Panton Labu,” sebutnya.

Komentar

Loading...