Update COVID-19 Aceh

0 ODP
0 PDP
0 Positif
0 Meninggal
0 Sembuh

-

Sumber: -

Korem Bantu Bibit Ikan dan Keramba, Bupati Cek Mad : Dulu Pernah Gagal

Korem Bantu Bibit Ikan dan Keramba, Bupati Cek Mad : Dulu Pernah Gagal

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Korem 011/Lilawangsa menyalurkan bantuan 16 ribu bibit lele, patin serta 6 keramba  untuk warga di Gampong Tanjong Dalam, Kecamatan Langkahan , Aceh Utara, Selasa (28/7/2020). Bantuan itu program Serbu Teritorial TNI untuk kemandirian ekonomi masyarakat.

Bantuan bibit ikan itu langsung diserahkan Danrem Kolonel Ind Sumirating Baskoro didamping kepada warga dalam sebuah momen pertemuan di desa pedalaman itu, didamping Dandim 0103 Aceh Utara Letkol inf Agung Sukoco, Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib dan unsur Forkopimda lain.

Dihadapan awak media, Danrem menjelaskan bibit ikan dilepaskan ke 8 keramba, enam keramba bantuan dari TNI dan dua lagi keramba swadaya masyarakat.

“Masing-masing keramba kita lepaskan 2000 bibit patin. Ini program Serbu Teritorial, insyaAllah hasilnya akan terlihat 3 bulan ke depan,” jelas Danrem.

Sedangkan bibit lele dilepaskan ke 30 bioflok. Menurutnya,budidaya lele sangat tepat dilakukan masyarakat, karena permintaan pasar sangat besar. Dengan pola bioflok, budidaya lele lebih mudah dan dikembangkan sehingga  dengan hasil produksi lebih besar.

“Bila  pilot program kita, bila berhasil akan kita kembangkan ke daerah lain. Selain menguntungkan secara ekonomis, juga sebagai wadah menjauhkan pemuda dari pengaruh Narkoba , sekaligus menampung tenaga kerja,” terangnya.

Dijelaskan juga, pihaknya sudah melakukan kegiatan serupa di Aceh Timur, Pidie, termasuk budidaya ikan untuk santri dayah di Gayo Lues.

Sementara itu, Bupati Aceh Utara  Muhammad Thaib mengatakan sangat mendukung kegiatan itu dan harus dimamfaatkan dengan baik. Ia juga berharap budidaya lele itu tidak berhenti ditengah jalan.

“Jangan hanya berhenti setelah ada hasil panen nanti. Program ini harus terus dilanjutkan oleh masyarakat . Silahkan gunakan dana desa untuk mengembangkan. Dana desa cukup banyak dan bisa dimamfaatkan untuk program seperti ini,” kata Cek Mad.

Kata Bupati menyebutkan sebelumnya pernah menjalankan program serupa, termasuk budidaya bawang Brebes. Petani juga dilatih, tapi program itu gagal , karena berhenti . Namun ia tidak ingin menyalahkan para pihak, karena kesalahan itu bisa dibenani, asal ada kemauan dan niat.

Komentar

Loading...