Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Komunitas Kotatua Berwisata Sambil Bersih-bersih Sampah di Pulau Dua Bakongan

Komunitas Kotatua Berwisata Sambil Bersih-bersih Sampah di Pulau Dua Bakongan

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Sebuah komunitas peduli wisata di Kabupaten Aceh Selatan yang kerap mengendorse sejumlah spot wisata menggelar kegiatan bersih-bersih pantai di Pulau Dua, Bakongan Timur, Minggu (19/1/2020).

Ketua Umum Komunitas Wisata Tuantapa (Kotatua), Muchsin ST mengatakan kegiatan bersih-bersih sampah anorganik seperti botol plastik, tas plastik dan kaleng itu rutin dilakukan pihaknya demi menjaga keasrian sejumlah objek wisata di Aceh Selatan kegiatan itu juga bagian dari upaya mempromosikan spot wisata.

Ia mengatakan sejak 2017 komunitas ini rutin melakukan kegiatan serupa diberbagai spot wisata termasuk menerobos spot-spot baru untuk dipromosikan.

“Untuk kegiatan hari ini diiukuti lebih kurang 50 perserta dari sahabat wisata tuantapa,” ungkap Muchsin.

Tidak tanggung-tanggung kegiatan bersih-bersih itu berhasil mengumpulkan 50 kantong besar sampah anorganik. Sampah yang berhasil dipungut dibawa ke daratan untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah.

Muchsin berharap kepada wisatawan yang datang ke pulau dua untuk dapat menjaga keasrian pulau dengan tidak meninggalkan jejak sampah.

“Kotatua akan selalu menerapkan setiap kegiatan wisata untuk menerapkan ASAKU (Ada Sampah Ambil Kumpulkan) sehingga spot wisata ini tetap asri dan terjaga,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan bersih-bersih pulau dua, Irwandi mengatakan sedikitnya hari ini ada 6 kelompok masayarakat yang berwisata ke pulau dua.

“Kedepan kita harapkan agar di pulau dua ini dapat dibangun dermaga apung sehingga proses pendaratan bot untuk menurunkan penumpang dapat langsung ke pantai tidak lagi perlu naik perahu kecil yang sangat rentan akan musibah,” harapnya.

Komentar

Loading...