Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Komisi II Gelar RDPU Tentang Raqan Perlindungan dan Pemberdayaan Petani

Komisi II Gelar RDPU Tentang Raqan Perlindungan dan Pemberdayaan Petani

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com -  Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Rancangan Qanun (Raqan) Aceh tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Rapat dengar pendapat itu dipimpin Ketua Komisi II, Irfannusir dan dihadiri anggota Komisi II DPRA, Jum’at (23/10/2020).

RDPU itu diikuti oleh sejumlah Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota di Aceh, LSM, organisasi tani, dan tokoh masyarakat.

Irfannusir dalam kesempatan itu menyampaikan,  RDPU para stakeholders dapat memberikan masukan dan diharapkan masukan tersebut bisa meningkatkan kesejahteraab petani di Aceh.

“Aceh sudah seharusnya menyusun qanun ini, sebagaimana beberapa provinsi lain di Indonesia agar para petani di Aceh dapat terlindungi dan akan lebih sejahtera,” kata Irfannusir.

Menurut Irfannusir, qanun perlindungan dan pemberdayaan petani tersebut nantinya akan memberi ruang kemudahan kepada petani.  Misalnya, persoalan pupuk subsidi, kredit pertanian, asuransi, bahkan sampai pengakuan terhadap hak cipta.

“Qanun ini juga akan memperhatikan kekhususan Aceh. Seperti misalnya dengan menerapkan model ekonomi syari’ah dalam pemberian kredit, dan pelibatan lembaga adat yang ada di Aceh,” tambahnya.

Komentar

Loading...