Komisi I DPRA Gelar RDPU Raqan Pertanahan

Komisi I DPRA Gelar RDPU Raqan Pertanahan

BLANGKEJEREN, ANTEROACEH.com - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait rancangan Qanun Aceh tentang Pertanahan, Jum’at (25/6/2021) di kantor Setdakab Gayo Lues. 

Anggota Komisi I DPRA, Bardan Sahidi mengatakan, rapat dengar pendapat ini penting guna menerima masukan dan pendapat publik atas rancangan qanun yang sedang disusun oleh anggota legislatif.

Politisi PKS itu menambahkan di dalam qanun itu nantinya akan memuat pasal-pasal krusial menyangkut hak atas tanah, pengadaan tanah bagi kepentingan publik, aparatur pemerintahan yang menyelenggarakan urusan bidang pertanahan, hak ulayat (tanah adat) dan buku tanoh gampong.

“Hasil pertemuan ini akan kami himpun menjadi bahan utama dan keinginan publik atas tanah, sehingga rakyat berdaulat atas tanah, termasuk tentang izin Hak Guna Usaha (HGU),” ujar politisi asal Gayo itu.

Sementara itu, Bupati Gayo Lues, Muhammad Amru dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya menyambut baik RDPU tersebut.

Ia berharap agar rancangan qanun itu segera diundangkan dan dapat memberikan kepastian hukum atas tanah bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

Dalam RDPU tersebut turut dihadiri anggota DPRA; H. Taufik dan H. Ridwan Yunus (Gerindra), Tgk H Attarmizi A Hamid (PPP), Dinas Pertanahan Aceh dan Biro Hukum Setda Aceh.

Kemudian Pejabat SKPK Gayo Lues, Forum Imum Mukim, Keuchik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh wanita dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Iklan Bank Aceh Idul Adha 1442

Komentar

Loading...