KM 21  Takengon - Isaq Longsor

KM 21  Takengon - Isaq Longsor

TAKENGON, ANTEROACEH.com -  Insiden tanah longsor terjadi di jalan utama Takengon – Isaq tepatnya di Kilometer 21, Senin (18/11/2019) sekitar pukul 23.30 WIB. Tidak ada korban jiwa maupun luka, karena saat itu jalan sepi dari kendaraan bermotor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah, M Thamrin Elashri kepada ANTEROACEH.com, membenarkan kejadian itu dan ia menduga  longsor disebabkan tingginya curah hujan di  Aceh Tengah dalam beberapa hari ini. Faktor lainnya dikatakan, karena sepanjang jalan negara itu rata-rata memiliki kemiringan tinggi. 

"Sepanjang jalan itu tingkat kemiringan tinggi, ditambah curah hujan meningkat dalam beberapa hari, hal itu menyebabkan rawan longsor, alhamdulillah insiden malam kemarin tidak ada korba jiwa karena jalanan sepi,” terang Thamrin.

Ia mengatakan, dua unit alat berat milik Dinas PUPR dan Balai Pengawasan  Jalan PPP 1.5 Medan sudah dikerahkan ke lokasi pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB.  Tindakan baru bisa dilakukan pada hari karena lokasi longsor dengan pusat kota lumayan jauh.

“Dua unit alat berat  membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan sepanjang 30 meter dengan material tanah setinggi  3,5 meter. Setelah pembersihan, lalu lintas jalut itu kembali normal,” sebutnya.

Thamrin menjelaskan, berdasarkan data BMKG Aceh Tengah, curah hujan tinggi akan berlangsung hingga akhir Desember nanti.

“Kepada pengguna jalan saya minta berhati-hati saat melintas jalur itu, karena rawan longsor terutama saat musim penghujan seperti sekarang,” himbaunya.|ROBBY

Komentar

Loading...