KIP Aceh Minta Masyarakat Terima Keputusan MK

KIP Aceh Minta Masyarakat Terima Keputusan MK

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com ÔÇô Komisi Independen Pemilihan (KIP) mengibau masyarakat untuk menerima apapun keputusan Mahkamah Kontitusi terkait sengketa Pilpres yang akan diputuskan, hari ini, Kamis 27 Juni 2019.

"Masyarakat harus bisa menerima. KPU sudah komitmen menjalankan apapun keputusan, karena keputusan MK itu sifatnya mengingat," ungkap Akmal Abzal, komisioner KIP Aceh pada diskusi publik yang diselenggarakan Analisa Demokrasi Institute (ADI) di Banda Aceh, Rabu (26/6/2019).

Mengenai adanya kekhawatiran instabilitas sosial-politik pasca putusan, ia menilai MK sudah melakukan konsolidasi kepada pihak yang terlibat. Sehingga, Akmal berbaik sangka semuanya akan kondusif.

Lebih jauh Akmal menjelaskan seharusnya masyarakat tidak perlu memberbesar masalah hasil situng, kerena hasil resmi yang dikeluarkan KPU adalah hasil rekap manual

"Itu yang menjadi pegangan, diterima atau tidaknya hasil. Bukan hasil Situng yang menjadikan pijakan," katanya.

Amatannya, lebih banyak yang memprotes Situng. Padahalal Situng hanyalah website. Esensi Situng itu sendiri dimaksudkan untuk memenuhi hasrat publik, melihat pergerakan suara setiap daerah hingga menjadi suara nasional.

"Hilang esensi sebuah tahapan. Tidak ada yang mengunggat rekap manual. Padahal itu esensi. Proses rekap manual tidak banyak orang ikuti," tegas Akmal

Komentar

Loading...