Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

KIP Aceh Besar Gelar Rapat Evaluasi Fasilitas Kampanye Pemilu 2019

KIP Aceh Besar Gelar Rapat Evaluasi Fasilitas Kampanye Pemilu 2019

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - KIP Aceh Besar menggelar Rapat evaluasi fasilitas kampanye Pemilu 2019, Mingu (18/8/2019) di hotel The Pade, Darul Imarah.

Wakil Ketua KIP Aceh, Tharmizi mengatakan kegiatan evaluasi itu dilakukan guna pembuatan laporan yang diselenggarakan oleh KIP Aceh, laporan tersebut akan di serahkan KPU pusat sebagai bahanperbaikan kedepan.

Dalam evaluasi itu, Tharmizi mengatakan pasca Pemilu pihaknya banyak menerima masukan dari peserta Pemilu terkait terlalu besarnya ukuran alat peraga kampanye (APK) yang difaslitasi oleh KIP.

"APK yang diberikan tidak sesuai dengan harapan, baliho dan spanduk yang diberikan terlalu besar sehingga jika dibandingkan, lebih mahal biaya pemasangan daripada biaya cetak APK," jelasnya.

Namun ia mengatakan keputusan pemberian fasilitas APK oleh KIP sudah seuai aturan yang berlaku, mungkin kedepan perlu dievaluasi.

"Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu memerintahkan penyelenggara memberikan APK kepada peserta pemilu cuma terkait ukuran, tempat pemasangan, kedepan yang perlu kita sesuaikan lagi," terang Tharmizi wakil.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Setdakab Aceh Besar, Subki menyebutkan pasca Pemilu 17 April lalu pihaknya kesulitan menertibkan APK karena tidak adany pos anggaran khusus untukl itu, Ia berharap ini menjadi satu perbaikan kedepan.

"Dengan pengalaman ini bisa menjadi satu acuan perubahan untuk Pilkada, Pilpres dan Pileg kedepannya," harapnya.

Dalam kegiatan itu disepakati sejumlah rekomendasi untuk penyelenggaraan Pemilu kedepan diantaranya, APK dibutuhkan dengan saran materi yang disesuaikan ukurannya, titik pemasangan APK diberi akses yang mudah di akses oleh public, waktu kampanye harus lebih singkat dan adanya singkronisasi Pemerintah Daerah, KIP dan Panwas.

Komentar

Loading...