Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Keukarah, Kue Khas Aceh yang Banyak Diburu Jelang Lebaran

Keukarah, Kue Khas Aceh yang Banyak Diburu Jelang Lebaran
Foto: Uci Setiawan/anteroaceh.com

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Menjelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah, masyarakat Aceh mulai sibuk berburu baju lebaran dan berbagai aneka penganan kue untuk menjamu tamu saat lebaran nanti.

Akibatnya banyak pedagang musiman yang bermunculan seminggu sebelum lebaran yang menjajakan dagangannya tidak terkecuali di Aceh Barat di pinggir jalan kota Meulaboh muncul sejumlah pedagang kue kering yang menjajakan dagangannya.

Selain itu pasar pusat kota Meulaboh tetap membludak, pembeli berdesakan, tak terkecuali dijalananan yang hampir selalu macet dengan suara klakson sahut sahutan. Yang menjadi pembeda adalah masyarakat mulai banyak menggunakan masker.
Aneka jenis kue kering kekinian untuk lebaran dijajakan dengan harga bervariasi. Namun demikian kue tradisional tetap banjir peminat dan pesanan menjelang lebaran.

Salah seorang pedagang kue tradisional, Irwandi (59) yang sudah dua tahun membuka toko tepat di pinggir jalan Nasional Meulaboh - Tapaktuan, Gampong Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo mengaku menjelang lebaran pesanan kue sudah mulai berdatangan.

Tokonya dipenuhi dengan berbagai jenis kue kering tradisional khas Aceh seperti kue seupet, kue sagon kelapa, pisang sale, keukarah dan sebagainya.
"Kita punya sekitar sebelas jenis kue tradisional, yang kita produksi juga sesuai dengan pesanan. Ya, Alhamdulillah mendekati lebaran pesanan sudah lumayan banyak," ucap Irwandi saat ditemui anteroaceh.com, Senin (18/5/2020).

Selain itu, ia mengaku kue keukarah adalah kue favorit yang banyak diminati oleh pelanggan baik dari luar daerah maupun dalam daerah.
Keukarah yang diproduksi oleh Irwandi memiliki beberapa ukuran tergantung harga dan pesanan.

"Satu potong keukarah dari ukuran kecil ke yang besar itu harganya kisaran dari Rp. 1.000 sampai Rp.20.000," ucapnya.

Cara membuat Kue Keukarah
Nah, untuk membuat keukarah ternyata hanya butuh dua bahan saja yaitu tepung beras dan gula pasir.

Selanjutnya tepung beras diencerkan dengan air dan ditambahkan gula pasir, lalu dimasukkan ke dalam batok kelapa yang telah diberi banyak lubang.

Saat minyak goreng mulai panas, batok kelapa berisi adonan disematkan pada besi yang memang sudah digantung.

Lalu dengan cekatan batok kelapa diputar membentuk lingkaran sembari pukul-pukul pelan pada ujung pegangan batok memastikan adonan yang keluar tidak menggumpal.
Biarpun kedengarannya sederhana, dibutuhkan keahlian untuk dapat benar - benar memastikan keukarah tidak gosong karena bentuknya yang tipis seperti jaring laba-laba.

Untuk pembentukan keukarah sendiri juga perlu kecepatan saat melipatnya sesaat setelah keukarah diangkat dari minyak panas.
Tekstur keukarah sangat renyah dan rasanya manis. Bisa dinikmati kapan saja bersama kopi atau teh.

Mungkin untuk kamu yang belum bisa membuatnya sendiri, membelinya di toko tradisional adalah pilihan terbaik. Untuk daerah Aceh Barat sendiri, kue ini bisa di dapatkan di beberapa tempat oleh-oleh khas Aceh di Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.

Komentar

Loading...