Ketua KIP dan Ketua Panwaslih Aceh Besar Diberhentikan DKPP

Ketua KIP dan Ketua Panwaslih Aceh Besar Diberhentikan DKPP

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) melakukan pemberhentian tetap terhadap Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fathillah dan Ketua Panwaslih Aceh Besar, Adinirwan karena terbukti melanggar kode etik penyelenggaraan pemilu.

Pemberhentian keduanya merupakan hasil keputusan sidang kode etik penyelenggara Pemilu yang dilaksanakan DKPP di Ruang Sidang DKPP, lantai 5, Jalan MH Thamrin No. 14, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019) yang disiarkan langsung di halaman facebook DKPP.

Ketua KIP Aceh besar diberhentikan permanen karena dianggap telah melanggar Peraturan DKPP  nomor 2 tahun 2017 tentang kode etik dan pedoman pelaku penyelenggara pemilu.

"DKPP menjatuhi pemberhentian tetap Cut Agus Fathillah selaku Ketua merangkap anggota KIP Aceh Besar sejak putusan ini dibacakan," ucap Ketua majelis hakim, Harjono.

Tak hanya itu, DKPP juga menjatuhkan sanksi peringatan terhadap Agus Samsidi, Muhammad Hayat Miswar dan Junaidi selaku anggota KIP Aceh Besar.

Atas putusan tersebut DKPP memerintahkan KIP Aceh dan KPU RI untuk menindaklanjuti putusan itu paling lama tujuh hari sejak putusan ini dibacakan.

DKPP juga meminta Panwaslih agar mengawasi putusan tersebut

Komentar

Loading...