Kerugian Kebakaran Ponpes Darussalam Aceh Selatan Capai Rp 800 Juta Hingga Rp1 Miliar

Kerugian Kebakaran Ponpes Darussalam Aceh Selatan Capai Rp 800 Juta Hingga Rp1 Miliar

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Kerugian akibat kebakaran yang mengahanguskan 50 rangkang atau 100 kamar santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam di Gampong Blang Poroh, Kecamatan Labuhanhaji Barat, Aceh Selatan, Senin dinihari (9/12/2019) ditafsir mencapai Rp 800 juta hingga Rp. 1 miliar.

Hal itu disampaikan langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Abi Hidayat saat dikonfirmasi ANTEROACEH.com, Senin (9/12) pagi via telepon.

"Kalau kerugian semua kita taksir mencapai Rp 800 juta hingga 1 miliar rupiah, karena selain rangkang yang terbakar, kitab-kitab santri dan yang lainnya juga ikut hangus dilalap api," kata Abi.

Abi Hidayat menjelaskan, rangkang berkontruksi kayu yang terbakar semua berjumlah 50 unit dengan jumlah kamar mencapai 100 kamar.

“Rangkangnya berjumlah 50 unit dengan dua lantai, jadi jumlah semua yang terbakar  sebanyak 100 kamar,” ungkap Abi Hidayat.

Abi juga menerangkan, api begitu cepat menjalar disebabkan rangka berkontruksi kayu yang sudah lapuk dan ditambah lagi atapnya yang terbuat dari daun rumbia. 

Abi menerangkan, kebakaran yang terjadi sekira pukul 02.00 WIB, para santri sedang beristirahat di dalam rangkang mereka. Namun disaat mengetahui kebakaran, semua santri langsung berlarian keluar.

“Penyebab kebakaran karena arus pendek. Kalau korban jiwa tidak ada, hanya saja tiga orang santri kita mengalami luka ringan,” sebut Abi.

Untuk memadamkan kobaran api, kata Abi, sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan.

Untuk saat ini, kata Abi Hidayat, seluruh santri masih bertahan di pesantren Darussalam. "Semua santri kita tidak ada yang pulang dan saat ini mereka kita suruh tinggal dulu dikamar santri yang lain yang tidak terbakar," pungkasnya.

Komentar

Loading...