Kementrian Pertanian Sertifikasi Unggul Jengkol Abdya

Kementrian Pertanian Sertifikasi Unggul Jengkol Abdya

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Jengkol Aceh Barat Daya (Abdya) ternyata telah menerima sertifikat dari Kementrian Pertanian.

Hal itu dibeberkan Bupati Akmal Ibrahim melalui akun facebook miliknya, Senin (1/2/2021).

Ia mengatakan bagi perusahaan yang ingin ikut tender pengadaan bibit jengkol harus mendapat surat dukungan dari Abdya.

“Rabu lusa Gubernur akan berkunjung ke Abdya, salah satu agenda penting adalah menyerahkan sertifikat unggul nasional untuk jengkol unggul Abdya,” tulis Akmal Ibrahim.

Selama ini, kata Akmal, kiblat pengadaan jengkol di seluruh Indonesia hanya ke Lampung, sebagai satu-satunya pemilik varietas unggul nasiobal jengkol. Sedangkan pinang betara cuma di Jambi.

“Sekarang Aceh dengan merek jengkol Abdya, sudah dikeluarkan sertifikat oleh Menteri Pertanian. Keunggulan produksinya tiga kali lipat dibanding jengkol Lampung,” ujarnya.

Harga jengkol Abdya, tambah Akmal, juga dibeli pedagang lebih mahal dua kali lipat oleh pedagang luar Aceh sebab, rasanya lebih enak.

“Sebagai laporan, di Abdya, yang banyak bikin rumah baru, dan umrah dua tiga kali setahun adalah petani jengkol,” paparnya.

Menurut Akmal, penghasilan satu hektar jengkol yang sudah usia 10 tahun ke atas, jauh di atas penghasilan resmi eselon II dan anggota DPRA.

“Mohon kawan-kawan bantu juga promosi,” tutupnya.

Komentar

Loading...