Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Kejati Aceh Tangkap Buronan  Kasus Narkotika Saat Hendak Melaut  

Kejati Aceh Tangkap Buronan  Kasus Narkotika Saat Hendak Melaut  

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com -Tim Tabur (Tangkap Buron) dari Kejaksaan Tinggi Aceh dan Kejari  Aceh Timur berhasil menangkap Darwis saat hendak melaut di kawasan pelabuhan Lampulo, Banda Aceh, Kamis (21/1/2021) sekitar pukul 15.30 WIB.

Darwis merupakan buronan terdakwa kasus tindak pidana umum perkara narkotika yang dilakukannya pada April 2018 silam.

Kepala Kejati Aceh Muhammad Yusuf mengatakan, awalnya di  Pengadilan Negeri Aceh Timur  pada tanggal 25 Juli 2019 silam  Darwis dinyatakan tidak terbukti bersalah dan dibebaskan.

"Kemudian kami melakukan kasasi dan begitu keputusan kasasi kami terima dan mau dieksekusi yang bersangkutan melarikan diri," ucap Muhammad Yusuf kepada awak media dalam konferensi pers di Gedung Kejati Aceh.

Disebutkannya dalam putusan kasasi pada tanggal 12 Desember 2019 silam terdakwa terbukti bersalah telah melakukan tindak pidana permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menjual narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman dengan berat melebihi 5 gram.

Kepala Kejati juga menyatakan Darwis merupakan salah satu komplotan yang juga melibatkan beberapa oknum aparat Polres Aceh Timur. Ia dimintakan oleh salah satu komplotan tersebut untuk menjual sabu seberat 77, 45 gram yang saat ini telah dijadikan sebagai barang bukti.

Atas perbuatannya, sebut Kepala Kejati terdakwa Darwis terbukti melanggar pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Terdakwa Darwis diancam dengan pidana penjara selama 9 tahun dan pidana denda sebesar satu miliar, dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana penjara selama tiga bulan," pungkas Kepala Kejati Aceh Muhammad Yusuf.

Komentar

Loading...