Keindahan Talago Batu di Menggemat Kluet Tengah

Keindahan Talago Batu di Menggemat Kluet Tengah
Telago batu. Foto: Sahidal Andriadi

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Jika berkunjung ke Menggamat, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, belum lengkap rasanya jika belum sampai ke Air Terjun Talago Batu.

Air Terjun Talago Batu terletak di Gampong Mersak, sekitar 34 kilometer dari pusat Ibu Kota Aceh Selatan, atau sekitar 1,5 jam perjalanan darat menggunakan roda dua atau empat.

Dari Gampong Mersak menuju lokasi Talago Batu dibutuhkan waktu sekitar 20 berjalan kaki melewati kebun warga, bebatuan, gunung, dan aliran sungai.

Sebelum sampai ke Air Terjun Talago Batu, ditingkat paling bawah ditemukan satu air terjun yang tidak terlalu tinggi, dikelilingi oleh pepohonan.

Tetelah itu di atasnya, juga ada beberpa air terjun lain. Airnya mengalir di atas batun licin, sedang di bawahnya ada terdapat kolam, airnya sejuk dan bisa dimanfaatkan untuk  tempat berenang.

Sementara itu Air Terjun Talago  Batu berada di tingkat paling atas, untuk kesana harus melalui tebing, sehingga perlu kehati-hatian dan kosentrasi.

Sesampai di Air Terjun Talago Batu, mata dimanjakan dengan pemandangan indah. Diapit dua batu besar, air pengunungan itu jatuh dari ketinggian sekitar enam meter. 

Sedankan di bawahnya terdapat kolam yang tidak terlalu besar, pengunjung yang datang biasanya akan mandi disana memanjakan diri, bermain air untuk penghapus lelahnya perjalanan.

Komentar

Loading...