Kebakaran Jadi Bencana Paling Banyak Terjadi di Aceh pada Maret 2021   

Kebakaran Jadi Bencana Paling Banyak Terjadi di Aceh pada Maret 2021   

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Kebakaran menjadi bencana yang paling banyak dibandingkan bencana lainnya yang terjadi di Aceh pada bulan Maret tahun 2021. Dari total sebanyak 68 bencana, kebakaran mendominasi sebanyak 31 kali.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Dr. Ir. Ilyas MP, menyebutkan, Kebakaran yang terjadi di Aceh pada bulan Maret terdiri dari 43 rumah, dua ruko , dua sekolah, satu sarana pemerintahan dan satu sarana ibadah.

Sedangkan Korban terdampak berjumlah 59 KK/142 jiwa dari 31 Desa dan 31 Kecamatan. Adapun total kerugian yang disebabkan oleh kebakaran pemukiman pada bulan ini adalah 9.8 Miliar.

“Kebakaran Pemukiman paling banyak terjadi di Aceh Besar dan Aceh Tenggara masing-masing sebanyak empat kali kejadian, diikuti oleh Aceh Utara, Pidie dan Aceh Barat masing-masing sebanyak tiga kali kejadian,” ungkap Ilyas.

Kalak BPBA melanjutkan, kebakaran hutan dan lahan menjadi bencana kedua paling sering terjadi, dengan frekuensi sebanyak 18 kali, menghanguskan 45 hektar lahan disusul angin puting beliung yakni sebanyak delapan kali yang merusak 10 rumah delapan ruko.

“Banjir terjadi sebanyak tujuh kali kejadian dan yang paling berdampak di Aceh Jaya pada tanggal 25 maret silam yang merendam rumah milik 1.206 KK/3.637 Jiwa,” tambahnya.

Ia menambahkan, angin puting beliung paling banyak terjadi di Bireuen sebanyak tiga kali kejadian. Sedangkan Kebakaran hutan dan lahan paling banyak terjadi di Lhokseumawe sebanyak tiga kali kejadian. Terakhir Banjir paling banyak terjadi di wilayah Aceh Utara sebanyak tiga  kali kejadian.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBA mencatat wilayah yang paling banyak mengalami kejadian bencana pada bulan Maret tahun 2021 ini adalah Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Besar, masing-masing  tujuh kali,  yang didominasi oleh kebakaran pemukiman. 

Selanjutnya diikuti oleh Kabupaten Bireuen sebanyak enam kali kejadian yang didominasi oleh angin puting beliung. Kemudian Pidie sebanyak enam kali kejadian yang juga didominasi oleh kebakaran pemukiman.

Dampak yang ditimbulkan akibat bencana di Aceh bulan Maret tahun 2021 antara lain banyaknya masyarakat yang terdampak bencana sebanyak 1.811 KK/, 4.573 Jiwa, pengungsi sebanyak 886 Jiwa. Total Kerugian secara Keseluruhan yang disebabkan oleh semua Bencana di bulan ini adalah 18 Miliar.

Mengingat kebakaran masih sering terjadi di Aceh, Ilyas mengingatkan masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan misalnya dengan memeriksa instalasi listrik yang sudah tua yang menjadi sebab utama kebakaran. Sedangkan penyebab lainnya adalah perlu kewaspadaan dalam mengelola sumber panas di rumah tangga seperti mematikan kompor dan barang-barang eletronik yang harus diawasi dengan baik. 

Komentar

Loading...