Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Kawasaki Ninja ZX-25R: Motor 250cc 4 Silinder yang Membuat Hati Berpaling

Kawasaki Ninja ZX-25R: Motor 250cc 4 Silinder yang Membuat Hati Berpaling

ANTEROACEH.com - Diperkenalkan pada tahun lalu di Tokyo Motor Show, mesin Kawasaki 4-silinder seperempat liter, Kawasaki Ninja ZX-25R, berhasil segera menarik perhatian para penggemar otomotif khususnya pecinta mesin 250cc.

Ninja ZX-25R keluaran terbaru membuat para pencinta sepeda motor sport 250cc memalingkan kepala mereka, tentu saja karena kehadiran empat silinder yang menakjubkan yang selama ini mesin 250cc di dominasi oleh 2 silinder, dengan kapasitas 249 cc di empat ruang pembakaran dan kecepatan RPM mengaum hingga 17.000 rpm, maka tak di ragukan lagi inilah mesin motor sport 250cc yang kelak akan menggantikan dominasi mesin 250cc 2 silinder.

Berpendingin cair, 16-katup, 4-silinder
Mengingat bahwa generasi terakhir dari ZXR250 empat silinder, dibuat hampir 30 tahun yang lalu, dengan power 45 hp yang menakjubkan, harapan yang tinggi bahwa model baru ini walaupun harus memenuhi regulasi emisi yang lebih ketat, tetapi akan dapat setidaknya mampu memenuhi persyaratan regulasi yang ada.

Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R dipasang pada rangka baja terali tubular, mengikuti model seperti H2 Kawasaki, dan bukan sasis balok aluminium dari pendahulunya yang sudah lama mati. Garpu Showa SFF-BP dipasang di bagian depan, dengan caliper rem tunggal yang dipasang radial. Swingarm gull wing tampaknya di buat dari aluminium, hasilnya adalah motor sport yang eksotis.

Kekuatan pasti dari mesin berpendingin cairan ini dengan 16 valve, 4 silindernya yang menggerakkan sepeda motor ini masih belum diketahui. Namun menurut beberapa laporan yang ada, diperkirakan menghasilkan tenaga sekitar besaran 55-60 hp dengan torsi 40-45 Nm. Mesin 4 silinder ini cukup kompak. Menurut perhitungan teoretis teknisi, piston (dengan dimensi 49 x 33,1 mm) tidak akan melebihi kecepatan linier 20 meter per detik, ini nilai yang dianggap sebagai batas teoretis aman maksimum.

Selain itu, Kawasaki Ninja ZX-25R dilengkapi dengan beberapa fitur teknologi tinggi lainnya seperti Kawasaki Quick Shifter (KQS), Kawasaki Traction Control (KTC), dan Power Mode.

Kawasaki Ninja ZX-25R dibangun di pabrik Kawasaki di tanah air, dan juga merupakan target pasar utama motor ini. Apakah akan dijual di tempat lain tergantung pada dua hal. Salah satunya adalah permintaan; Akankah rider bersedia untuk membayar empat silinder untuk sebuah motor dengan performa 250cc? Sementara urusan yang lainnya adalah emisi. Mesin berkapasitas tinggi dengan putaran tinggi akan sangat sulit melewati undang-undang polusi di luar negeri, sehingga akan menarik untuk mengetahui bagaimana Kawasaki mengatasi masalah itu. Karena peraturan emisi Indonesia masih berada beberapa tahun di belakang peraturan di tempat-tempat lain seperti Eropa, Jepang, dan AS, tidak ada jaminan bahwa ZX-25 akan dapat memenuhi batas dari negara-negara yang ada, meskipun terdapat konverter katalitik yang besar di knalpot yang dipasang di perut bawah.

Motor sport ini bukanlah hanya sebuah konsep, Kawasaki telah mengumumkan bahwa ZX-25R baru dapat dipesan mulai 4 April, dan kemudian kita akan mengetahui harganya serta semua fitur terakhir yang belum terungkap. Penjualan akan dimulai pertama di Indonesia dan kemudian akan meluas ke negara lain. Untuk di tanah air sendiri prediksi harga Kawasaki Ninja ZX-25R di perkirakan di kisaran di atas 70 jutaan.

Komentar

Loading...