Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Karhutla Meluas di HGU PT. CA, Polisi Panggil Pihak Perusahaan

Karhutla Meluas di HGU PT. CA, Polisi Panggil Pihak Perusahaan

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) didaerah Hak Guna Usaha (HGU) PT. Cemerlang Abadi yang terletak di  Alue Dawah, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya (Abdya) semakin meluas.

Menurut informasi yang diterima, sebelumnya hanya satu hektar, kini karhutla sudah mencapai dua hektar.

Untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut, Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution mengatakan, sudah memanggil pihak PT. CA guna dilakukan proses penyelidikan.

"Ia benar, kita sudah melakukan pemanggilan pihak PT. CA guna dilakukan proses penyelidikan terkait karhutla yang terjadi dan kini masih dalam proses penyelidikan," ungkapnya saat dimintai keterangan oleh anteroaceh.com diruang kerjanya, Senin (22/2/2020).

Selain itu polisi juga sudah memanggil sejumlah warga guna dimintai keterangan dengan tujuan untuk mengetahui apakah karhutla yang terjadi ada unsur kesengajaan atau kelalaian.

"Apabila  nanti terbukti ada unsur kesengajaan dari perusahaan dan masyarakat, kita akan melakukan penindakan dan sesuai dengan aturan perundangan-undangan," katanya.

Dalam upaya pemadaman, kata Nasution, pihak juga mengalami beberapa kesulitan, karena titik kebakaran sangat jauh dengan pemukiman warga sehingga mobil pemadam kebakaran susah melewati medan tersebut.

"Pemadaman melibatkan tim BPBK, TNI dan Polri dengan menggunakan mesin pompa air dan dengan cara manual lainnya. Kita juga mengingatkan kepada masyarakat yang hendak membuka lahan supaya tidak dengan cara membakar, karena itu melanggar aturan yang berlaku dan jika kedapatan akan kita tindak, apalagi sekarang lagi musim kemarau, jadi lahan kering sangat mudah terbakar," pungkasnya.

Komentar

Loading...