Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Jenazah Azhari Napi yang Meninggal di Nusakanbangan Tiba di Aceh

Jenazah Azhari Napi yang Meninggal di Nusakanbangan Tiba di Aceh

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Jenazah Azhari yang napi dengan hukum vonis mati kasus narkoba yang meninggal dua hari lalu di Lapas Nusakambanga sudah tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Besar, sekira pukul 15.55 WIB. 

Biaya pemulangan jenazah Azhari dari Lapas Batu Nusakambangan ke Aceh ditanggung langsung oleh Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Dirjen PAS).

Sudarmanto, petugas Lapas Batu Nusakambangan mengatakan, proses pemulangan jenazah Azhari lewat jalur udara dengan menggunakan pesawat  Lion Air.

Kemudian, lanjut Sudarmanto,  setiba jenazah di bandar Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, pihaknya langsung menyerahkan peti jenazah kepada pihak keluarga dan langsung dimasukkan kedalam mobil ambulan untuk dibawa pulang ke rumah duka.

"Bu Dirjen mengintruksikan bahwa semua biaya pemulangan jenazah Azhari ke Aceh di tanggung oleh Dirjen PAS, agar jenazah bisa segera dikebumikan di kampung halaman," kata Sudarmanto setelah melakukan proses serah terima jenazah di Bandara SIM, Rabu (16/10/2019).

Sementara itu, Sekrataris Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) pusat Fakhrurrazi SH, sangat berterimakasih serta mengapresiasi langkah cepat yang telah diambil oleh Dirjen PAS dalam menanggani pemulangan jenazah Azhari setelah dua hari belum ada kepastian biaya dari pihak Dinsos Aceh terkait pemulangan jenazah Azhari.

Razi juga menjelaskan, setelah mencoba menunggu kepastian dari Dinsos Aceh yang belum menemukan titik terang, Ketua YARA pusat Aceh, Safaruddin SH mencoba berkoordinasi dengan pihak Dirjen PAS bagaimana cara agar secepatnya jenazah Azhari bisa dipulangkan ke kampung halaman. 

"Usai  ketua menyampaikan perihal bahwa keluarga korban tidak memiliki biaya untuk pemulangan jenazah Azhari kepada pihak Dirjen PAS, dengan cepat proses pemulangan jenazah Azhari diambil alih oleh pihak Dirjen PAS dan dalam waktu hari itu juga jenazah langsung dikirim ke Aceh," katanya.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bu Dirjen PAS atas bantuannya sehingga jenazah sudah sampai hari ini di Aceh dan segera di berangkatkan ke Aceh Timur untuk di kebumikan di kampung halamannya " pungkas Razi.

Saat jenazah tiba di Bandara SIM Aceh Besar, jenazah langsung disambut oleh pihak keluarga dan langsung dilakukan proses serah terima dari pihak Lapas Batu Nusakambangan yang ikut disaksikan Kadiv PAS Kanwil Kemenkumham, Murah Budiman, Sekrataris YARA, Fakhrurrazi, Kordinator Paralegal YARA, Muzakir SH, Kepala Perwakilan YARA Banda Aceh, Yunieko Hariatna (Haji Embong), dan perwakilan Dinsos Aceh.

Komentar

Loading...