Jelang Lebaran Harga Bahan Dapur di Abdya Relatif Stabil

Jelang Lebaran Harga Bahan Dapur di Abdya Relatif Stabil
Foto: Ilyas/anteroaceh.com

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Menjelang lebaran 1442 H, sejumlah harga bahan dapur di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) masih relatif stabil.

Munadi, seorang pedangang di pasar Blangpidie mengatakan, harga bawang merah dengan kualitas bagus berkisar Rp. 30 ribu per kg. Sementara bawang dengan kualitas biasa dijual Rp. 20 ribu.

“Kalau harga bawang merah peking untuk saat ini mencapai Rp. 18 ribu sampai Rp. 20 ribu per kilogram, bawang bombay Rp. 25 ribu per kilo dan bawang putih Rp. 30 ribu per kilogram,” ungkap Munadi saat diwawancarai anteroaceh.com, Sabtu (1/5/2021).

Sementara harga cabai merah kualitas bagus dijual Rp. 35 ribu per kilogram dan kualitas biasa Rp. 25 ribu. Kemudian, harga cabai rawit kualitas bagus Rp. 35 ribu per kg. 

“Yang ada mengalami kenaikan kentang dari harga Rp. 10 ribu kini naik Rp. 12 ribu pek kg, harga ini sebelum puasa memang sudah naik,” jelas Munadi.

Menurut Munadi, selama bulan puasa dan menjelang lebaran harga sejumlah bahan dapur masih stabil. Kalaupun naik, hanya sementara, setelah itu kembali stabil kembali.

“Sedangkan yang mengalami penurunan harga selama ini cabai merah dari Rp. 40 ribu kini menetap diharga Rp. 35 ribu per kilogram. Ditambah lagi kalau masuk cabai dari Takengon dan Medan harga cabai bisa lebih murah,” terangnya.

Ia menjelaskan, murahnya harga cabai Takengon dan Medan dikarenakan kadar air tinggi jadi cabai cepat busuk jadi pedagang harus jual cepat kalau cabai dari luar harga pun jadi murah. 

“Kalau misalnya tidak kita jual dengan harga lebih murah sudah pasti cabai akan membusuk dan kita rugi. Kita belum bisa prediksi apakah harga bahan dapur akan mengalami kenaikan di hari meugang atau stabil, kita berharap saat meugang nanti harga bahan dapur tetap stabil sehingga masyarakat tidak susah,” pungkasnya.

Komentar

Loading...