Jelang Idul Fitri, Kodim 0107/Asel Gelar Apel Siaga

Jelang Idul Fitri, Kodim 0107/Asel Gelar Apel Siaga

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com - Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1441 H, Prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan melaksanakan apel siaga yang dipimpin oleh Perwira Seksi Personil (Pasipers) Lettu Inf Priya Utama, Sabtu (23/05/2020) di halaman Makodim Asel.

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letkol Inf R Sulistiya Herlambang HB melalui Pasipers mengatakan, dalam perayaan lebaran tahun ini ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu, dalam upaya mendukung Pemerintah Daerah dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, perlunya dilakukan kesiapsiagaan prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan khususnya, sehingga masyarakat Aceh Selatan merayakan dan melaksanakan lebaran Idul Fitri merasa aman dan nyaman dengan tetap menajalankan protokol kesehatan.

"Apel siaga sambut lebaran ini dalam rangka membantu pemerintah daerah terkait untuk pengamanan lebaran dan sudah menjadi kegiatan rutinitas TNI dalam setiap tahunnya," ucap Priya Utama.

Lebih lanjut, Lettu Inf Priya Utama mengatakan, kegiatan tersebut juga merupakan arahan dari Panglima TNI agar seluruh personil TNI melaksanakan kegiatan siaga pengamanan dalam rangka hari raya Idul Fitri serta mengantipasi kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti tindakan kriminal dalam pelaksanaan lebaran.

Dikatakannya lagi, hari raya Idul Fitri merupakan momen penting yang dilakukan oleh masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga besar, termasuk yang berada diperantauan akan berupaya kembali ke daerahnya untuk merayakan hari kemenangan tersebut bersama keluarga dan kerabat.

Akan tetapi, perayaan idul fitri tahun 2020 ini warga yang berada diperantauan dihimbau untuk tunda melakukan mudik sampai hilangnya Covid-19. Hal tersebut guna mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

"Dalam hal inilah prajurit Kodim 0107/Asel kita siagakan untuk membackup dinas terkait dalam membantu pelaksanaan pemantauan dipintu masuk kabupaten Aceh Selatan," ungkapnya. 

Pelaksanaan apel siaga itu selain melakukan pengecekan terhadap prajurit, juga dilakukan pengecekan terhadap kesiapan operasional Kenderaan Dinas (Randis) yang sewaktu-waktu dapat digunakan pada pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan bencana alam termasuk penanganan dan pencehahan Covid-19 di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Komentar

Loading...