Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Jangan Kucilkan Mereka!

Jangan Kucilkan Mereka!
Ilustrasi.

KEJADIAN tidak mengenakkan menimpa sebuah keluarga di Simeulu. Sebabnya, salah satu anaknya yang selama ini belajar di salah satu pesantren di Pulau Jawa dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan rapid test.  

Efeknya, usaha cuci kendaraan yang dirintis jadi lengang, tidak ada yang mau mengantarkan kendaraan, sampai-sampai, kendaraan yang telah dicuci, enggan diambil oleh pemiliknya.

Semua hancur, keluarga ini sedih tak ketulungan. Padahal, niat mereka mendidik anak sampai ke Pulau jawa biar kelak menjadi penerus yang berilmu, yang dapat membedakan yang haq dengan yang bathil.

Anaknya, merupakan salah satu dari tiga orang santri asal Simeulu yang sedang mondok di salah satu pesantren di Pulau Jawa dinyatakan positif COVID-19.

Hasil itu diketahui setelah dilakukan skrening test sebagai salah satu protap untuk orang yang baru pulang dari luar daerah. Padahal, itu masih berdasarkan Rapid test yang berfungsi mengecek ketahanan tubuh berdasarkan uji darah. Untuk lebih akurat, masih menunggu hasil uji swab yang akan keluar beberapa hari ke depan.

Harusnya, masyarakat sekitar memberikan dukungan moral, agar pasien dan keluarga lebih kuat menghadapi musibah ini, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh akan meningkat apabila pikiran atau psyokologi tidak terganggu tentunya selain asupan makanan yang bergizi.

Pengucilan yang dilakukan secara otomatis akan mengganggu psykologi pasien dan keluarga, dan ini dapat memperburuk situasi. Kita memang harus waspada terhadap penyebaran Pandemi ini, namun bukan berarti dengan mengucilkan mereka. Lagi pula sudah banyak pasien positif yang dinyatakan sembuh, di Aceh tren sembuh cukup tinggi dari total 10 kasus per 30 April 6 kasus telah dinyatakan negative, 1 meninggal dan 3 masih dalam perawatan.

Dalam hal ini yang sangat dibutuhkan adalah edukasi oleh pemerintah. Jika pasien yang dinyatakan positif berdasarkan Rapid test sudah diisolasi, segera lakukan tes kepada keluarga, jika ikut positif harus diisolasi. Namun, jika keluarga dinyatakan negatif, bagaimana cara, masyarakat jangan sampai megucilkan mereka.

Kepala daerah melalui petugasnya harus memberikan contoh, bagaimana berinteraksi dengan keluarga pasien. Tindakan tersebut bisa saja mengunjungi rumah pasien atau memberikan pengarahan kepada Pemerintah Gampong.

Yang paling penting untuk diperhatikan adalah tetap menjaga protokol kesehatan, semisal mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak fisik, bukan dengan mengucilkan!

Komentar

Loading...