Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Jamboe Hatta Persinggahan Wakil Presiden Pertama di Aceh Selatan

Jamboe Hatta Persinggahan Wakil Presiden Pertama di Aceh Selatan
Jamboe Hatta. Foto: Picuki

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Tak hanya lautnya yang biru, hutannya yang lebat nan sejuk, dan pantainya yang putih, namun Kabupaten Aceh Selatan juga memiliki sejarah yang tak kalah menarik untuk diulas.

Salah satunya adalah sejarah persinggahan Mohammad Hatta, atau dikenal dengan Bung Hatta. Proklamator kemerdekaan sekaligus Wakil Presiden pertama Indonesia.

Menurut sejarah, Bung Hatta dalam perjalannya pernah singgah di Aceh Selatan, dan tempat persinggahan itu kemudian dibangun sebuah bangunan yang kini dikenal dengan nama Jamboe Hatta.

Jamboe Hatta diapit oleh Gampong Panjupian dan Lhok Reukam, Kecamatan Tapaktuan, tepatnya di puncak gunung Pintoe Angin, yang besisian langsung dengan jalan lintas nasional.

Secara teritorial, Jambo Hatta berada ke dalam wilayah Gampong Lhok Reukam, sekitar delapan kilometer dari Tapaktuan, ibukota Aceh Selatan, atau sekitar 20 menit perjalanan menggunakan kendaran roda dua atau empat.

Meskipun letaknya di atas bukit, Jambo Hatta tetap dibangun hampir menyerupai rumah panggung. Ada sejumlah anak tangga yang harus dinaiki untuk masuk ke dalam jambo tersebut. 

Bagian atap pada Jambo membentuk sudut, sebagaimana umumnya rumah khas Aceh. 

Kemudian sekelilingnya, mulai dari kayu penyangga atap sampai jerjak dinding yang dibuat sepinggang ada ukiran khas bangunan Aceh.

Pada bagaian bawah Jambo Hatta terdapat sebuah prasasti, yang ditulis menggunkan huruf kapital. 

“DI TEMPAT INI, PROKLAMATOR/WAKIL PRESIDEN RI, DRS MOHAMMAD HATTA, BERISTIRAHAT DALAM PERJALANAN KELILING ACEH DI TAHUN 1953, UNTUK MEMPERERAT PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA”

Sejarahnya yang menarik, panoramanya yang indah, dan bangunannya yang khas membuat Jambo Hatta kini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang banyak diminati, terutama orang-orang dari luar Aceh Selatan.

Jika melintas, kita bisa singgah untuk melepas penat perjalanan disini, atau hanya sekedar menikmati suasana asri alamnya.

Dari atas, pemandangannya yang ditawarkan juga sangat indah. Jika memandang ke arah Lhok Reukam, kita akan melihat lautan yang sangat luas hingga ke tepi pantai. Barisan pohon nyiur terlihat berjejer rapi, membuat mata semakin termanjakan

Tak kalah indah dan menarik pula jika melihat dari arah berlawa. Dari sana kita melihat hijaunya gunung, dan birunya lautan, atap-atap rumah warga, dan bahkan jalan berkelok terlihat jelas dari ketinggian. Itulah Jambo Hatta.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...