Jalan Gunung Paro Longsor, Pengendara Diminta Hati-hati

Jalan Gunung Paro Longsor, Pengendara Diminta Hati-hati

JANTHO, ANTEROACEH.com - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Banda Aceh dan Aceh Besar menyebabkan jalan lintas nasional Banda Aceh - Meulaboh tepatnya di gunung Paro longsor tanah dan batu kecil.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Farhan mengatakan, pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut diminta berhati-hati dalam mengendarai mobil maupun sepeda motor.

"Selain longsor di gunung Paro, akibat hujan deras juga menyebabkan krueng Sarah, di Kecamatan Leupeung meluap dan mengakibatkan banjir dengan 60 sampai 80 centimeter," ungkap Farhan, Jum'at (9/7/2021).

Kemudian, kata Farhan, pihaknya juga menerima informasi air sungai Krueng Kala, Brayeun, Lamsujen dan Pudeng di Kecamatan Lhoong sedang mengalami kenaikan debit air.

"Banjir luapan juga terjadi di Komplek Villa Buana Kecamatan Darul Imarah serta pohon tumbang yang membentang diatas badan jalan Ajun Ayahanda. Selanjutnya, di komplek Marahaja dua gampong di Lamgeumok, Kecamatan Peukan Bada sudah memasuki rumah warga dengan ketinggian air 2 hingga 5 centimeter, sementara air menggenangi ruas jalan di perkirakan setinggi kurang lebih 50 centimeter," jelasnya.

Farhan mengaku, BPBD Aceh Besar telah menyiagakan seluruh personil di setiap pos WMK untuk terus memantau kondisi dan situasi serta membentuk dua tim yang akan menuju ke Leupeung dan Lhoong.

"Hingga saat ini hujan masih mengguyur dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat. Untuk dampak kerusakan dan kerugian masih dalam amatan dan pantauan petugas di lokasi kejadian. Kita juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang, siaga dan waspada dalam menyikapi perkembangan cuaca saat ini yang mana dapat berpotensi terjadi nya banjir dan longsor," pungkasnya.

Iklan Bank Aceh Idul Adha 1442

Komentar

Loading...