Jaksa Segera Panggil Mantan Sekdes Jeumpa Barat Terkait Pengadaan Pupuk NPK Diduga Fiktif

Jaksa Segera Panggil Mantan Sekdes Jeumpa Barat Terkait Pengadaan Pupuk NPK Diduga Fiktif
Kasi Intel, Feri Ginting

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Barat Daya (Abdya) akan segera melakukan pemanggilan terhadap mantan Sekretaris Desa (Sekdes) Jeumpa Barat, Kecamatan Jeumpa, Said Fahmi atas dugaan pengadaan pupuk NPK tahun anggaran 2019 yang tak kunjung disalurkan.

Bahkan jaksa sudah melayangkan surat kepada Inspektorat Abdya untuk meminta Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) gampong Jeumpa Barat. 

"Kita sudah menyurati Inspektorat meminta LHP masalah kasus pengadaan pupuk di gampong Jeumpa Barat," kata Kajari Nilawati melalui Kasi Intel, Feri Ginting, Kamis (11/2/2021).

Untuk sementara waktu pihaknya masih menunggu surat balasan dari Inspektorat. Setelah, surat tersebut dibalas maka jaksa akan melakukan pemanggilan terhadap Said Fahmi.

"Surat yang sudah kita layangkan belum dibalas oleh Inspektorat, kalau sudah dibalas, kita akan panggil yang bersangkutan terkait pengadaan pupuk tersebut," jelasnya.

Sementara itu, kepala Inspektorat Abdya, Said Jailani membenarkan pihaknya sudah menerima surat dari kejaksaan terkait permintaan LHP Gampong Jeumpa Barat.

"Benar, kita sudah terima surat dari kejaksaan. Surat itu akan kita balas dalam dua hari ini," terangnya singkat.

Terpisah Pj. Keuchik Gampong Jeumpa Barat, Azhar Has saat dihubungi mengatakan hingga batas akhir waktu pengembalian Said Fahmi tak kunjung menyetorkan uang senilai Rp.109 juta itu ke rekening desa.

“Seharusnya batas akhirnya 10 Februari 2021 namun uang yang bersebumber Dana Desa (DD) tahun 2019 itu belum dikembalikan padhal pupuk itu rencananya akan digunakan Masa Tanam (MT) pertama Januari 2020,” singka Azhar Has.

Komentar

Loading...