Irigasi Krueng Panto Teungku Nyaris Jebol Ratusan Hektare Sawah Terancam Gagal Tanam

Irigasi Krueng Panto Teungku Nyaris Jebol Ratusan Hektare Sawah Terancam Gagal Tanam

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Saluran irigasi krueng  Panto Teungku di Gampong Kota Bahagia, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya) terancam ambruk akibat sering dilanda banjir saat musim hujan.

Menurut informasi yang diterima anteroaceh.com, jika irigasi itu jebol akan berdampak gagal petani yang menggerap sawah di lima gampong dalam Kecamatan Kuala Batee.

Adapun lima gampong itu Geulanggang Gajah, Gampong Pasar Kota Bahagia, gampong Blang Makmur, gampong Kuala Tereubu dan gampong Panto Cut.

Keuchik Kuta Bahagia Mustamsir mengatakan, irigasi Krueng Panto Teungku selama ini difungsikan sebagai penyuplai air untuk ratusan hektare areal persawahan.

Sayangnya, irigasi yang menjadi sumber air pertanian itu saat ini kondisi sangat memprihatinkan. Jika banjir melanda bangunan irigasi itu sedikit demi sedikit ambruk dan bahkan kondisinya sekarang hampir hancur.

“Jika irigasi ini ambruk, dipastikan ratusan hektare areal pertanian di kawasan ini akan kering dan tidak bisa ditanami," ungkap Mustamsir, Rabu (7/7/2021).

Dirinya berharap agar pemerintah setempat melalui dinas terkait, segera membangun irigasi itu sekaligus mengambil langkah cepat dalam penanggulangan agar program pertanian di kawasan itu tidak terkendala dengan masalah air.

“Irigasi ini bukan hanya mengaliri puluhan hektare, tapi ratusan hektare. Jika dibangun tahun ini paling tidak dinas terkait agar memasang tanggul darurat atau kawat beronjong," harapnya.

Sementara itu, Kabid Pengairan PUPR Abdya, Sabri mengatakan untuk menangani irigasi tersebut pihaknya sudah mngusulkan anggaran senilai Rp.  1,2 miliar dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2022.

"Sudah kita usulkan di DOKA untuk tahun 2022. Mudah-mudahan cepat terealisasi,” katanya.

Menurutnya jika tidak ada kendala tahun depan sudah dikerjakan, dirinya bersama tim dinas juga sudah pernah turun ke lokasi dan memang ini perlu ditangani segera.

"Insyaallah kalau tidak ada kendala, tahun 2022 irigasi ini akan dikerjakan," pungkasnya.

Komentar

Loading...