Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Irigasi Krueng Susoh Alami Pendangkalan

Irigasi Krueng Susoh Alami Pendangkalan

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Aliran sungai Irigasi Krueng Susoh yang terletak di Kemukiman Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengalami pendangkalan di mulut sayap kanan irigasi tersebut. 

Amatan wartawan di lokasi, selain mengalami pendangkalan, tumpukan sampah kayu juga terlihat melingkari tiang penyangga jembatan irigasi itu. Namun sayang, Daerah Irigasi (DI) Krueng Susoh tersebut bukan lagi menjadi wewenang pemkab Abdya, melainkan tanggungjawab pemerintah pusat. 

Seperti diungkapkan oleh Kabid Pengairan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Abdya, Sabri, bahwa wewenang DI Susoh sudah menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

"Meskipun begitu, kita tetap mengusulkan segala persoalan-persoalan terkait irigasi itu, baik perbaikan dan lainnya. Untuk tahun ini kita sudah usulkan pengerokan irigasi itu. Artinya upaya itu sudah kita lakukan, sekarang kita sedang menunggu," ungkapnya, Senin (3/2/2020).

Selian irigasi Krueng Susoh kata Sabri, Dinasnya juga terus melakukan pemantauan terhadap irigasi-irigasi dibawah wewenang pemerintah provinsi dan kabupaten. Apalagi sebutnya, Kabupaten Abdya saat ini sedang melakukan penanaman padi serentak tahun 2020.

"Kalau irigasi dibawah wewenang provinsi juga kita laporkan saat adanya terjadi kendala. Kalau irigasi yang dibawah kita (kabupaten) juga demikian, malahan kita langsung turun untuk memperbaikinya jika ada kendala, apalagi petani hari ini sangat membutuhkan air untuk proses tanam serentak," ujarnya.

Lebih lanjut Sabri menjelaskan, untuk Abdya sendiri, irigasi Krueng Susoh dibawah wewenang pusat, sementara dibawah wewenang provinsi ada tiga irigasi, meliputi irigasi Manggeng, Tangan-Tangan dan Babahrot.

"Kalau dibawah wewenang kabupaten, itu ada 12 irigasi yang kita tangani, irigasi itu tersebar dalam sembilan Kecamatan dalam Kabupaten Abdya," pungkasnya.|| ILYAS

iklan masjid pulo kambing
Iklan Batu Berlayas

Komentar

Loading...