Irfannusir Minta Pemkab Aceh Selatan Evaluasi Tambang Emas yang Tidak Berkontribusi untuk Masyarakat

Irfannusir Minta Pemkab Aceh Selatan Evaluasi Tambang Emas yang Tidak Berkontribusi untuk Masyarakat
Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Irfannusir (Foto: anteroaceh.com)

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Irfannusir meminta Pemerintah Aceh Selatan mengevaluaso semua tambah emas yang tidak memberikan kontribusi kepada masyarakat dan daerah.

Irfannusir mengaku akan selalu mengontrol beberapa tambang emas di Kabupaten Aceh Selatan seperti PT. Pinang Sejati Utama (PSU), dan tambang Manggis Utama serta tambang-tambang emas milik lainnya.

"Kita dari Komisi II DPRA akan selalu mengontrol tambang-tambang emas yang ada izin di Aceh Selatan, bahkan jika nantinya ada perusahaan yang tidak memberikan kontribusi terutama kepada pemerintah dan masyarakat supaya mengevaluasi kembali perusahaan tersebut," ungkapnya saat dikonfirmasi anteroaceh.com, via telepon seluler, Sabtu (20/3/2021).

Menurut putra asli Aceh Selatan itu, dampak yang ditimbulkan dari banyaknya tambang emas yang beroperasi salah satunya adalah memacu terjadinya longsor cepat yang bisa mengancam nyawa penambang emas yang dikelola oleh masyarakat kecil disana.

Sebab, tambah Irfannusir, saat perusahaan melakukan penggalian dipermukaan tanah radiusnya memang tampak kecil berukuran 100 meter, namun dibawah tanah sangat luas mencapai 500 meter bahkan puluhan hektar.

"Apalagi beberapa waktu lalu sudah ada dua orang penambang emas masyarakat yang meninggal dunia dan enam orang luka-luka di daerah bekas PT. PSU yang terletak di Gampong Simpang Dua, Kecamatan Kluet Tengah, karena tertimpa tanah longsor saat melakukan penambangan emas," sebutnya.

Ketua DPD Parta Amanat Nasional (PAN) Aceh Selatan itu juga mengaku, Komisi II DPRA yang membidangi masalah tambang sudah mengusulkan Qanun Minerba  atau Qanun tambang tradisional untuk menjadi qanun pemerintah Aceh tentang tambang tradisional.

"Dan sekarang mungkin saya juga akan sering pulang ke Aceh Selatan, karena saat ini pun sudah dipercaya menjabat sebagai ketua DPD  PAN Aceh Selatan," pungkasnya.

Komentar

Loading...