Intan Anak Gajah di CRU Trumon Mati Mendadak

Intan Anak Gajah di CRU Trumon Mati Mendadak

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com - Seekor anak gajah betina mati mendadak di kawasan Conservation Renspon Unit (CRU) Trumon, Aceh Selatan pada Rabu 30 Juni 2021 lalu. Anak gajah bernama Intan tersebut diduga mati akibat herpes. 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto menerangkan, setelah mendapat kabar kematian Intan, tim medis BKSDA bersama tim dari Unsyiah langsung berangkat sore dan tiba di lokasi pada Kamis 1 Juli kemarin.

“Intan mati saat bersama induknya, sekitar 600 meter dari lokasi CRU, usai bedah bangkai, tim medis menduga kematian anak gajah berusia empat tahun itu akibat Herpes, ditemukan ada pendarahan di dalam organ dalam,” sebutnya.

Namun, lanjut Agus, itu masih hasil dugaan sementara dari tim medis, pastinya masih butuh hasil uji laboratorium Patologi di Jakarta. Biasanya hasil uji sampel  akan keluar beberapa bulan ke depan. 

Ia juga menjelaskan, Herpes pada gajah biasanya menyerang anak gajah usia 1 hingga 8 tahun. Dengan masa inkubasi yang sangat singkat yaitu hanya enam jam. 

“Sesuai keterangan dari petugas CRU Trumon, sebelum mati Intan masih terlihat sehat dan tidak menunjukkan gejala sakit atau perilaku yang aneh. Kondisi fisik terlihat sehat dan  gemuk, sebab itu dugaan kita Intan terjangkit  Herpes,” pungkasnya.

Komentar

Loading...