Inovasi BPJS Kesehatan Permudah Pengurusan Adminsitrasi

Inovasi BPJS Kesehatan Permudah Pengurusan Adminsitrasi

REDELONG, ANTEROACEH.com – Menjadi Human Resource Development (HRD) di suatu perusahaan yang memiliki banyak karyawan tentu tidaklah mudah. Melayani karyawan dengan berbagai kebutuhan menjadi tantangan tersendiri bagi setiap HRD.

Hal tersebut dirasakan oleh Karmayani (28) yang merupakan HRD pada Klinik Utama Tanoh Gayo, salah satu badan usaha yang terdaftar di BPJS Kesehatan.

Sejak diluncurkan tahun 2015 oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Elektronik Data Badan Usaha (Edabu) mengalami beberapa kali pemutakhiran. Fiturnya terus berkembang dari tahun ke tahun.

Bila sebelumnya, perusahaan harus datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran, penambahan atau pengurangan karyawannya, dengan Edabu mereka tidak perlu lagi melakukannya. Mereka dapat mengakses sistem ini melalui internet dan mendaftarkan karyawannya secara kolektif.

“Aplikasi ini merupakan solusi yang tepat untuk mempermudah pekerjaan para HRD Badan Usaha, terlebih lagi pada masa pandemic seperti sekarang ini, karena menawarkan akses terhadap administrasi kepesertaan pekerjanya di mana pun dan kapan pun,” terang Kepala BPJS Kesehatan Gayo Lues, Deni Wahyudi pada Selasa (16/3/2021).

Selain itu BPJS Kesehatan juga menyediakan aplikasi Mobile JKN yang semakin mempermudah HRD perusahaan. Dengan aplikasi Mobile JKN, peserta yang akan melakukan perpindahan faskes dapat melakukannya sendiri tanpa harus melaporkan ke HRD mereka.

"Dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat mengakses kartu digital sehingga tidak perlu khawatir ketinggalan kartu jika akan mengakses pelayanan kesehatan,” jelas Deni.

Hal tersebut dirasakan langsung oleh Karmayani saat ditemui tim Jamkesnews, Karma yang merupakan HRD pada Klinik Utama Tanoh Gayo sangat antusias menceritakan pengalamannya mengurus kepesertaan JKN-KIS karyawannya dengan menggunakan Edabu. Saat itu, menurut Karma waktunya banyak tersita hanya karena mengurusi kartu JKN-KIS setiap karyawan. Tetapi kendala itu akhirnya teratasi sejak Edabu dan Mobile JKN mulai gencar diperkenalkan.

“Kehadiran Edabu dan Mobile JKN sangat membantu meringankan beban kerja saya. Saya tidak perlu lagi bolak-balik ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus kepesertaan karyawan karena sekerang semuanya dapat dilakukan di Edabu maupun Mobile JKN. Saya sangat terbantu dengan adanya Edabu dan Mobile JKN ini," ujar Karma.

Komentar

Loading...